DEMO MEI 2015 : BEMSI Tantang Jokowi Temui Mahasiswa Besok!

DEMO MEI 2015 : BEMSI Tantang Jokowi Temui Mahasiswa Besok!

SOLOPOS.COM - Bemsi tunda demo (JIBI/Liputan6)

Demo Mei 2015 akan berlangsung Kamis (21/5/2015). Hal tersebut telah disampaikan Koordinator Pusat BEMSI.

Solopos.com, JAKARTA — Koordinator Pusat Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEMSI) Ahmad Khairudin Syam bersama belasan Presiden BEM mengumumkan penundaan aksi demo peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada Rabu (20/5/2015).

Penundaan tersebut disampaikan Ahmad dalam jumpa pers bersama di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu.

Sebagaimana dituturkan Ahmad, sekitar 1.000 mahasiswa yang tergabung dalam BEMSI tidak akan melakukan unjuk rasa besar-besaran hari ini. Mereka berencana akan menggelar demo di Istana Negara, Kamis (21/5/2015) besok.

"Kita mengimbau seluruh mahasiswa yang tergabung dalam aliansi BEMSI untuk mengikuti aksi besok. Kita undang mereka berpartisipasi," ujar Ahmad Khairudin Syam, sebagaimana dilansir Liputan6, Rabu.

Ahmad bersama sekitar 1.000 aktivis BEMSI berencana melakukan longmarch dari patung kuda Gedung Indosat menuju Istana Merdeka pukul 10.00 WIB. Ahmad dan rekan-rekannya menuntut agar Presiden Joko Widodo menemui mereka secara langsung. Apabila Presiden tidak menemui mereka, mereka mengancam akan menginap di depan istana.

"Kami menantang Presiden Jokowi untuk menemui kami, kalau Presiden tidak menemui kami maka kami akan menginap di depan Istana," kata Ahmad.

Dalam jumpa pers tersebut, BEMSI juga menuntut Pemerintah RI mengambil alih pengelolaan lahan minyak, seperti Blok Mahakam dan Freeport yang akan habis masa kontraknya serta menolak kebijakan ekonomi yang dinilai mengarah pada liberalisme.

"Kami menyampaikan aspirasi menolak kenaikan BBM kemudian meminta Pemerintah mengambil alih 100% kendali Blok Mahakam dan Freeport agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat. Kebijakan Pemerintah Jokowi-JK sudah cenderung liberalisme," ujar Ahmad.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengaku berencana menyediakan tempat unjuk rasa bagi mahasiswa di kompleks parlemen.

"Kedepan, DPR RI akan siapkan tempat bagi mahasiswa untuk berdemo. Di tempat itu silakan melakukan unjuk rasa, unjuk pendapat," kata Fahri Hamzah di Gedung DPR/MPR/DPD RI, Jakarta,  sebagaimana dilansir Kantor Berita Antara, Rabu.

"Hingga Taman Ria, kita akan buka untuk aksi demo tersebut," kata Fahri Hamzah yang merupakan politikus Partai Keadilan Sejahtera itu.

"Kita undang lebih dekat ke dalam, tak bagus di luar sana berdemo, ganggu jalan, ganggu masyarakat. Jamin akan aman bila demo di dalam karena ada tempat," ujar Fahri.

Dalam kesempatan yang sama, Fahri berencana akan menerima beberapa perwakilan masyarakat dan mahasiswa untuk meminta pendapat serta masukan mengenai rencana penyediaan tempat khusus untuk unjuk rasa itu.

Berita Terkait

Berita Terkini

Wow, Pelopor Batik Asal Solo Go Tik Swan Hari Ini Nampang di Google

Pada 1950-an, Swan memenuhi permintaan presiden dengan memadukan teknik batik daerah untuk memperkenalkan Batik Indonesia.

Mobil Travel Gelap Disetop Petugas Pos Makutho Solo, Penumpang Dipulangkan

Satu unit mobil elf yang diduga travel gelap dihentikan petugas di pos penyekatan Tugu Makutho Solo pada Senin (10/5/2021) pukul 23.30 WIB.

Berumur Belum 1 Bulan, AirTag Apple Sudah Kena Retas

Kurang dari sebulan sejak peluncurannya Air Tag Apple sudah bisa diretas oleh peneliti keamanan asal Jerman.

Tegas! Bupati Karanganyar Usul Penanganan Covid-19 Serahkan ke Pemda Saja

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengusulkan penanganan Covid-19 diserahkan kepada pemda setempat.

Pemkot Jogja Ingatkan Warganya Tidak Lakukan Takbir Keliling

Pemkot Jogja melarang warganya menggelar takbir keliling. Takbir hanya boleh dilaksanakan di masjid di wilayah masing-masing.

Lebaran 2021: Jumlah Pemudik ke Sukoharjo Lebih Sedikit Dibanding Tahun Lalu

Jumlah perantau yang mudik ke Sukoharjo pada Lebaran kali ini lebih sedikit daripada tahun 2020.

Jelang Lebaran, Satpol PP Klaten Garuk 3 Pasangan Tak Resmi di Hotel Melati

Tim gabungan menyasar ke sejumlah hotel melati di kawasan kota dan Klaten bagian timur, total hotel yang disasar mencapai empat sampai lima hotel.

ABG Sopir VW Kuning Penabrak Polisi di Pos Penyekatan Klaten Mediasi dengan Korban, Hasilnya?

ABGpenabrak polisi di pos penyekatan pemudik di Klaten dengan mobil VW kuning telah menjalani mediasi dengan korban.

Jangan Sembrono Makan! 5 Penyakit Ini Rentan Muncul Pasca Lebaran

Inilah lima penyakit yang rentan muncul pasca Lebaran karena konsumsi makanan yang tak terkontrol saat Hari Raya Idulfitri.

Libur Lebaran 2021, Ini Jasa Pengiriman yang Tetap Beroperasi

Meski masa libur lebaran, beberapa ekspedisi pengiriman barang diantaranya Pos Indonesia dan JNE tetap beroperasi.

Mercedes Benz Siapkan Van Listrik EQT Concept

Mercedes-Benz memperkenalkan van listrik untuk keluarga meskipun masih dalam bentuk konsep.

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Susu, Sebelum atau Sesudah Makan?

Adakah waktu yang tepat untuk minum susu agar penyerapan nutrisinya maksimal?