SOLOPOS.COM - Mahasiswa yang tergabung dalam Front Mahasiswa Soloraya menggelar aksi menolak kenaikan harga BBM di Balai Kota Solo, Selasa (31/3/2015). (Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos)

Demo mahasiswa yang memprotes kenaikan harga BBM dipusatkan di Balai Kota Solo.

Solopos.com, SOLO – Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) menuai protes. Seratusan mahasiswa yang tergabung dalam Front Mahasiswa Soloraya menggelar aksi menolak kenaikan harga BBM di Balai Kota Solo, Selasa (31/3/2015).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka menduduki Balai Kota setelah melakukan longmarch dari Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) di Mesen dan Bundaran Gladak. Aksi digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-UNS, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Solo, dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Solo.

Pantauan , peserta aksi dari gabungan elemen mahasiswa ini berdemo sekitar setengah jam di Balai Kota. Mereka membawa spanduk bernada kritikan pada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) seperti “Stabilkan Harga-harga; Salam Gigit Jari, BBM Naik Lagi; Pemerintah Mati Nurani, Sibuk Pencitraan; hingga Kabinet Kerja, Udah Kerja?”

Mahasiswa juga melakukan aksi teatrikal dan orasi. Dalam orasi, seorang peserta aksi dari UNS menyebut Jokowi adalah presiden orderan asing. “Dulu orde lama kita [mahasiswa] turunkan, orde baru kita turunkan. Sekarang ada presiden orderan asing, maka mesti kita turunkan!,” serunya.

Koordinator aksi, Hari Kusuma Darmawan, mengatakan pihaknya mendesak Jokowi mengembalikan subsidi BBM. Menurutnya, ketidakstabilan harga BBM membuat sektor perekonomian hingga transportasi berada dalam posisi gawat darurat.

“Kami menuntut pemerintah menstabilkan perekonomian salah satunya dengan subsidi BBM,” kata dia.

Kepala Kesbangpol Solo, Suharso, tak mempermasalahkan penggunaan Balai Kota untuk berdemo.

“Kami hanya memastikan bahwa tidak ada penyusupan dalam demo, tidak ada aksi bakar-bakar ban. Karena peserta aksi menyatakan demo damai, ya akhirnya kami perbolehkan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya