Tutup Iklan

DEMO JAKARTA : Alumni BEM Undip Semarang Protes Penangkapan Mahasiswa Demonstran

DEMO JAKARTA : Alumni BEM Undip Semarang Protes Penangkapan Mahasiswa Demonstran

SOLOPOS.COM - Hadi Santoso. (JIBI/Solopos/Antara-PKS Jateng)

Demo Jakarta yang disikapi dengan penangkapan mahasiswa demonstran oleh polisi menyulut protes alumni BEM Undip Semarang.

Semarangpos.com SEMARANG — Aksi unjuk rasa ribuan mahasiswa di depan Istana Merdeka, Jumat (20/10/2017) malam, berakhir dengan ditangkapnya sembilan mahasiswa demonstran. Keluarga Alumni Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang sigap merespons dengan mendesak polisi membebaskan para aktivis mahasiswa yang ditangkap menyusul demo di depan kompleks Istana Kepresidenan Jakarta itu.

“Mendesak Polda Metro Jaya untuk membebaskan mahasiswa yang ditersangkakan dan/atau ditahan sejak 20 Oktober, supaya mendapat perlakukan yang sama di mata hukum [equal before the law], dan tidak diperlakukan sebagai pembuat kerusuhan,” demikian desakan Keluarga Alumni BEM Undip yang diteken 17 alumni BEM Undip, Senin (23/10/2017).

Dalam keterangan tertulisnya, Hadi Santoso, salah seorang dari Keluarga Alumni BEM Undip itu mengingatkan bahwa kemerdekaan berserikat dan berkumpul mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan, dan sebagainya dijamin oleh Pasal 28 UUD 1945. Namun, katanya, di negeri yang mengaku telah meninggalkan otoritarianisme, ternyata menyampaikan kritik dan pendapat malah dilawan dengan kekerasan.

“Pemerintah jangan antikritik karena kritik bagian dari demokrasi,” ujar Hadi Santoso yang juga anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Menurut dia, kekuasaan dan aparat seharusnya mengajak dialog dan beradu argumentasi ketika menghadapi kritik mahasiswa. “Mereka adalah generasi intelek yang kelak menggantikan pemimpin sekarang ini. Jadi, jangan suguhi mereka dengan represivisme,” katanya.

KA BEM Undip mendukung demonstrasi yang dilakukan oleh seluruh elemen mahasiswa sebagai bentuk kontrol kepada pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan. Mereka mengecam tindakan represif aparat dalam menyikapi kebebasan berpendapat yang dijamin oleh UUD 45 dan penggunaan kekerasan dalam mengamankan demonstrasi yang dilaksanakan oleh BEM Seluruh Indonesia pada 20 Oktober 2017.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar

Ngeri! Tabrak Pikap Pengendara Motor Tewas Terlindas Tronton

Kecelakaan itu terjadi antara pengendara sepeda motor Honda Vario dengan mobil Grand Max pikap dan truk tronton

Waduh! Stok Oksigen Menipis, RSUD Sragen Ketir-Ketir

RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen dibuat ketir-ketir dengan kondisi stok oksigen untuk pasien Covid-19 yang menipis.

8 Vaksin & Obat Covid-19 Ini Paling Laris

Bagi kaum skeptis, datangnya pandemi virus corona berati kesempatan bagi para penyedia obat-obatan dan vaksin pencegah Covid-19.

Target Vaksinasi Covid-19 di Jepang Terlampaui, Ini Kiatnya…

Jepang menuntaskan target vaksinasi Covid-19 melalui kerja keras memenuhi target, yakni mewujudkan sampai satu juta dosis vaksin setiap hari. 

Parah! Mau Diberi Masker, Pria Kulonprogo Malah Memukul Polisi

WW, 46 tahun warga Kulonprogo ditangkap setelah memukul Kanit Binmas Polsek Pandak, Ipda Tetepana yang hendak memberinya masker.

Tuan Rumah Liga 2: Sriwijaya FC Berencana Mundur, Persis di Atas Angin

Jika Sriwijaya FC benar-benar mundur, tinggal enam klub yang mengajukan markasnya sebagai tuan rumah babak awal Liga 2.

Tikus Duduki Australia, Napi Diungsikan

Populasi tikus di Australia tidak terkendali dan menduduki benua hingga mendesak manusia sehingga narapidana diungsikan.

Pegawai Setda Terpapar Covid-19, Pemkab Wonogiri Terapkan WFH Di Seluruh OPD

Pemkab Wonogiri menerapkah kebijakan work from home atau WFH untuk seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) hingga 5 Juli.

Memanas! Rusia Peringatkan Kapal Perang Inggris di Laut Hitam

Kapal militer Rusia dilaporkan melepaskan tembakan peringatan ke arah sebuah kapal Perang Angkatan Laut Inggris di Laut Hitam.