SOLOPOS.COM - Elemen massa dari Mahasiswa UMS turut mengikuti aksi di DPRD Solo, Selasa (24/9/2019). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Demonstrasi yang diikuti mahasiswa berlangsung di berbagai daerah di Indonesia sebagai penolakan terhadap revisi UU KPK dan revisi KUHP. Ramainya demo yang digelar mahasiswa juga memicu media sosial, salah satunya Twitter, dipenuhi dengan kicauan yang berkaitan dengan isu yang diangkat.

Di urutan teratas trending topic Twitter, ada hashtag #HidupMahasiswa yang sudah dikicaukan lebih dari 97.000 kali hingga Selasa (24/9/2019). Tagar tersebut digunakan sebagai dukungan terhadap mahasiswa yang tengah berdemonstrasi demi menolak RUU KPK dan RKUHP.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Banyak pula foto dan video para mahasiswa membentangkan poster-poster berisi protes terhadap anggota DPR dengan kalimat yang cukup unik. “Tetap semangat seluruh almamater, terus jaga kondusifitas #HidupMahasiswa,” kicau pengguna akun Twitter @dianardi95 memberikan dukungannya.

Ekspedisi Mudik 2024

Selain itu, ada tagar #TurunkanJokowi di urutan keempat. Tagar tersebut sudah dikicaukan lebih dari 137.000 kali.

Mereka yang memakai tagar #TurunkanJokowi mengaku kecewa lantaran Presiden Joko Widodo belum kunjung menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perpu) untuk mencabut revisi UU KPK yang sudah disahkan DPR.

Tagar #TurunkanJokowi itu ditandingi tagar #SayaBersamaJokowi yang bercokol di urutan kedua pada daftar trending topic Twitter. Tagar tersebut ramai digunakan untuk menyatakan dukungan terhadap Jokowi agar bisa menyelesaikan masalah yang menjadi pemicu demonstrasi mahasiswa di berbagai daerah.

Hingga Selasa (24/9/2019) siang, demonstrasi mahasiswa masih berlangsung di berbagai daerah. Solopos.com melaporkan demo juga terjadi di depan Kantor DPRD Kota Solo yang diikuti mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

Trending topic Twitter pada Selasa (24/9/2019) siang.

Trending topic Twitter pada Selasa (24/9/2019) siang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya