SOLOPOS.COM - Ilustrasi demo buruh (Dok/JIBI)

Ilustrasi demo buruh (Dok/JIBI)

JAKARTA– Sekitar lima buruh pekerja atau buruh yang bergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI), Rabu (10/4/2013) siang, melakukan long March menuju Kantor Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Kemenkokesra) di Jalan Medan Merdeka Barat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Akibat aksi jalan kaki ribuan buruh tersebut, arus lalu lintas di Jalan Thamrin sisi barat arah utara (Bunderan Hotel Indonesia Hingga Jalan Medan Merdeka Barat) lumpuh.

Pengamatan JIBI/Bisnis, para buruh dan pekerja berjalan kaki di sepanjang Jalan Thamrin hingga Jalan Medan Merdeka Barat. Mereka berjalan mengambil seluruh jalur lalu lintas di jalan protokol tersebut.

Akibatnya, kendaraan pribadi dan angkutan umum tidak bisa melintas jalan tersebut dengan bebas.

Untuk menghindari kemacetan total itu, banyak mobil, motor, angkutan umum akhirnya menggunakan jalur khusus busway koridor I dengan rute Blok M hingga Kota. Akibatnya, operasional busway di koridor tersebut juga terhambat, mengalami kemacetan.

Sejak pagi tadi sekitar lima ribu buruh yang berasal dari kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MMPBI)  berkumpul melakukan aksi unjuk rasa di depan Bunderan Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

Para buruh tersebut  tergabung dalam MPBI, terdiri dari Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), Konfederasi Serikat Buruh Indonesia (KSBI), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) sudah mulai berkumpul di Bunderan HI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya