SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KARANGANYAR –- Para buruh di Karanganyar tidak turut melakukan aksi mogok kerja seperti yang dilakukan puluhan buruh di Jakarta dan sekitarnya. Kendati demikian, mereka tetap mendukung perjuangan buruh di Jakarta yang menuntut penghapusan sistem outsourcing.

Ketua Serikat Buruh Sejahtera Indonesia SBSI Soloraya, Muhammad Budiyanto, mengatakan para buruh di Karanganyar tidak akan melakukan aksi mogok kerja nasional. Mereka memilih bekerja seperti biasa dan memantau perkembangan aksi tersebut dari daerahnya masing-masing.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Aksinya memang kami dukung, tapi para buruh di Soloraya tidak ada yang melakukan aksi mogok kerja. Saya masih ada acara di Batam terkait juga tentang buruh,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Rabu (3/10/2012).

Menurutnya, ada tiga tuntutan utama para buruh yakni penghapusan sistem outsourcing, menolak upah murah, dan menjalankan jaminan sosial. Selama ini, sistem outsourcing merugikan karena tidak ada jaminan bagi para pekerja.

Para buruh juga menuntut upah yang layak berkeadilan sesuai dengan upah minimum provinsi. “Buruh harus mendapatkan upah yang layak sesuai Kebutuhan Hidup Layak (KHL) setiap daerah,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Ketua DPC Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi Pertambangan (FSPKEP) Karanganyar, Eko Supriyanto, para buruh di Karanganyar tidak akan melaksanakan aksi mogok. Menurutnya, buruh di Karanganyar yang berjumlah sekitar 60.000 orang tetap bekerja seperti biasa.

Pihaknya meminta pemerintah harus memperhatikan kehidupan para buruh yang menerima upah murah. “Saat ini kan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jateng sedang dibahas Dewan Pengupahan Provinsi Jateng. Semoga saja hasilnya memuaskan bagi para buruh,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya