SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Foto: Dokumentasi)

Ilustrasi (Foto: Dokumentasi)

JAKARTA – Aksi unjuk rasa yang akan berlangsung besok diperkirakan  terjadi di sejumlah tempat di Indonesia besok, Rabu, 3 Oktober.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di Jakarta, berdasarkan isu out sourcing dan jaminan kesehatan buruh,  massa diperkirakan akan menjadikan Gedung DPR, Kantor Kemenakertrans, Kantor Kementerian Kesehatan, dan Istana Negara sebagai target utama.

Jika ini yang terjadi, massa yang bisa berasal dari Kawasan Industri Pulogadung, ditambah massa dari Tangerang, Kawasan Industri Jababeka-Cikarang dan lainnya akan memadati ruas jalan di lokasi empat sasaran itu berada.

Bila rute pertama mereka adalah DPR, lalu ke Kemenakertrans, Kemenkes dan berakhir di Istana Negara, maka alur massa akan bergerak dari Jalan Gatot Subroto menuju HR. Rasuna Said-Kuningan, dan berakhir di Medan Merdeka.

Besar kemungkinan, di lokasi-lokasi tersebut akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas. Ini menjadi pilihan yang memang harus dilakukan agar Jakarta tidak terjebak dalam kemacetan yang parah.

Meski begitu, tentu pengguna jalan berharap aksi di jalan tidak terjadi dan para pengunjuk rasa memilih berunjuk rasa di lingkungan kerjanya masing-masing.

Di Kabupaten Bogor, berdasarkan aksi seruan mogok nasional pada hari Senin (1/10), jalur aksi diperkirakan berkisar di Wanaherang Gunung Putri dan Cileungsi. Ruas Jalan Mayor Oking dan Narogong, tempat sejumlah industri berada, kemungkinan akan menjadi jalur aksi buruh.

Di Depok, kemungkinan aksi unjuk rasa berlangsung di ruas jalan Margonda Raya. Bila melihat lokasi Kantor Wali Kota, Gedung DPRD, dan banyaknya aktivitas usaha, tempat yang berpeluang menjadi lokasi unjuk rasa membentang dari Margonda Raya hingga ke Gedung DPRD Depok di kompleks perumahan Grand Depok City. Di sini, pusat pemerintahan, kejaksaan negeri, DPRD, pengadilan Negeri, Badan Pertahanan, dan Imigrasi berkantor.

Di Tangerang, pintu belakang Bandara Soekarno Hatta kerap menjadi titik kumpul massa. Jika pada 3 Oktober lokasi ini masih menjadi favorit, maka perwakilan buruh di Kota dan Kabupaten Tangerang berkumpul di sana. Seperti diketahui, di Tangerang Timur terdapat kawasan industri Batu Ceper dan Cengkareng. Di selatan ada Karawaci, di barat terdapat kawasan industri Jakate, Jatiuwung, dan di utara tercatat kawasan industri yang Pasar Baru dan Sangiang.

Di Bekasi, diperkirakan ada 7 lokasi unjuk rasa, mulai dari Kawasan Industri MM 2100, Kawasan Industri Jababeka, Kawasan Industri Ejip, Kawasan Industri Hyundai, Kawasan Industri Delta Silikon, Kawasan Industri Cikarang, dan Kawasan Industri Gobel.

Jika massa dari 7 lokasi itu bergerak ke luar kawasan kerjanya masing-masing, tentu kemacetan lalu lintas akan terasa parah. Tak mengherankan jika kepolisian pun sudah menyiapkan rute pengalihan arus berikut:

1. Kendaraan menuju Cibitung – Kawasan Jababeka I: Pertigaan Jababeka II – Bundaran Patung Kuda – Perempatan Pecenongan – Kawasan Jababeka II Blok FF – Jalan Inspeksi Kalimalang – Bundaran Pertamina Tegal Gede – Arah Cibitung melalui Jalan Inspeksi Kalimalang (atau bisa langsung mengambil alternatif melalui jalur pantura).

2. Kendaraan menuju Pintu Tol Cikarang Pusat – Kawasan Jababeka I: Pertigaan Jababeka II – Bundaran Patung Kuda – Perempatan Pecenongan – Kawasan Jababeka II Blok FF – Jalan Inspeksi Kalimalang – Tegal Danas – Delta Mas –Pintu Tol Cikarang Pusat.

3. Kendaraan mengarah Lippo Cikarang-Kawasan Jababeka I – Pertigaan Pasir Gombong – Perempatan Jurong – Bundaran Jababeka Golf – Pertigaan Movieland – Jalan Cilemahabang – Jalan Inspeksi Kalimalang – Jembatan Cibatu – Bundaran Jalan Sriwikaya Lippo Cikarang.
Kemungkinan serupa bisa saja terjadi di Serang, Cilegon, Karawang, Purwakarta, Sukabumi, dan Cimahi. Khusus untuk Cimahi, Jawa Barat, diperoleh kabar bahwa massa dari wilayah ini berencana turut dalam aksi massa buruh yang akan menuju Gedung Sate, di Jalan Diponegoro, Bandung.

Kota lain yang akan menjadi lokasi aksi buruh antara lain Semarang, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Pasuruan, Gresik, Batam, Karimun, Medan, Deli, Makassar, dan Bitung.

Di kota lainnya seperti di Aceh, Riau, Bengkulu, Jambi, Lampung, Kaltim, Kalsel aksi akan berlangsung di kompleks DPRD setempat.

Begitu pula yang akan terjadi di Sulawesi Utara, Gorontalo, Papua dan Sulawesi Tengah. (

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya