SOLOPOS.COM - Ilustrasi demo buruh (JIBI/Solopos/Antara)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA – Demonstrasi buruh Rabu (3/10/2012) esok akan diikuti lebih dari 900.000 orang di berbagai kawasan industri di Jabodetabek dan diyakini bakal melumpuhkan sebagian jaringan jalan tol.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Presiden Majelis Pekerja Buruh Indonesia Said Iqbal mengatakan demonstrasi buruh akan berpusat di kawasan industri Ejip Cikarang. Dia memaparkan hampir 700.000 buruh berencana berdemonstrasi di kawasan industri tersebut, sedangkan 200.000 orang yang lain akan berunjuk rasa di kawasan industri Pulogadung, Cakung dan Sunter.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami tidak akan tutup akses pelabuhan, bandara dan tol. Tapi tol bisa lumpuh total karena pintu kawasan industri terhubung dengan 7 kawasan industri di Bekasi dan 5 kawasan industri di Cikarang,” kata Said, Selasa (2/10/2012). Demonstrasi tersebut, tegasnya, adalah aksi damai untuk mendorong pemerintah dan pengusaha mencari solusi mengenai masalah outsourcing melalui dialog dengan perwakilan buruh. “Kami putuskan mogok nasional tetap berlangsung 3 Oktober dari 5 hari menjadi 1 hari,” paparnya.

Said mengatakan akan ada 4 juta buruh yang berunjuk rasa di 80 kawasan industri di 21 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, termasuk 900.000 yang berdemonstrasi di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya