SOLOPOS.COM - Ilustrasi demo buruh (Antara)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA — Sebanyak 15.020 personel dikerahkan untuk mengamankan demo buruh sepanjang hari ini, Rabu (3/10/2012). Aparat keamanan tersebut disebar ke sejumlah obyek vital di kawasan DKI Jakarta.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto mengatakan aparat keamanan sebanyak  15.020 personel itu terdiri dari  gabungan Polda Metro Jaya, BKO Mabes Polri, Polres, Brimob, dan BKO TNI.

“Sebanyak 15.020 personel gabungan sudah disiapkan untuk menjaga aksi mogok kerja nasional terkait penghapusan outsourcing dan penolakan upah murah,” ujarnya kepada pers di Jakarta, Rabu.

Dia memperkirakan ada sekitar 23.000 buruh yang akan melakukan unjuk rasa. Sebanyak 10.000 menuju Bundaran Hotel Indonesia, Istana Negara, dan kawasan Monumen Nasional.

Adapun 10.000 buruh berunjuk rasa di kawasan industri, Jababeka, dan wilayah Bekasi lainnya, sedangkan sisanya berunjuk rasa di wilayah Depok, Jawa Barat.

Rikwanto menyampaikan beberapa elemen buruh dan pekerja yang melakukan aksi seperti Federasi Serikat Pekerja Metal (FSPMI) maupun Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) sudah memberitahukan aksi mogok buruh esok hari.

“Mereka yang sudah memberitahukan rencana unjuk rasa. Rencananya dimulai pukul 08.00 WIB sampai sekitar pukul 12.00 WIB. Setelah itu mereka kembali bekerja,” ujarnya.

Pihak kepolisian berharap aksi mogok kerja yang dilakukan buruh berlangsung tertib dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat, seperti memblolade jalan raya atau melakukan perusakan.

“Kami sudah antisipasi kalau memang terjadi hal itu, seperti menyekat jalan atau turun ke jalan tol. Jika melanggar hukum sudah disiapkan SOP (prosedur operasi standar) untuk menanganinya,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya