SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA: Unjuk rasa puluhan mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) menuntut legalitas pembentukan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) hari ini, (31/5), di depan kampus UTY, ricuh. Beberapa mahasiswa bahkan sempat dihajar oleh puluhan satuan pengamanan kampus.

Berdasarkan pengamatan Harian Jogja, puluhan mahasiswa UTY yang tergabung dalam Aliansi Pejuang Demokratisasi UTY (APDU) bersama dengan sejumlah mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Universias Atma Jaya serta Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), berjalan dari arah selatan Jalan Glagah Sari dan berhenti di depan gerbang kampus UTY.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Ketika peserta aksi hendak berorasi dan masuk kampus, mereka dihadang puluhan satuan pengamanan UTY. Tanpa negoisasi terlebih dahulu, satpam UTY mendorong para demonstran. Beberapa saat kemudian, satpam mulai menghajar mahasiswa dan terjadi kericuhan di tengah Jalan Glagah Sari.

“Tanpa persuasi terlebih dahulu langsung represi,” kata staf Hubungan Masyarakat APDU, Arief Hasibuan, di Polsek Umbulharjo, Selasa (31/5). Petugas Polsek Umbulharjo yang saat itu berada di lokasi kejadian untuk mengamankan acara pentas musik di kampus UTY, langsung membawa para demonstran ke markas Polsek Umbulharjo untuk menghindari satpam yang beringas.

Staf Bidang Administasi dan Umum UTY Indra Purnama mengatakan tidak ada instruksi pemukulan. “Karena kondisi di lapangan sama-sama terpancing,” kata Indra di Polsek Umbulharjo.(Harian Jogja/Yodie Hardiyan)

Foto Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya