SOLOPOS.COM - Foto masa demo 4 November meminta berselfie dengan perwakilan Turki di Indonesia. (Istimewa/Twitter)

Dubes Turki mengklarifikasi kabar yang menyebutkan Ergodan dukung aksi demo Ahok.

Solopos.com, JAKARTA – Kemunculan pihak Kedutaan Besar (Kedubes) Turki di Masjid Istiqlal, Jumat (4/11/2016) pagi, disalahgunakan. Beredar foto perwakilan negara Turki dengan peserta aksi damai yang diklaim sebagai bentuk dukungan Presiden Turki ke demo 4 November itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Wakil Menteri Pertahanan Republik Turki HE Suay Alpay yang berada di Jakarta untuk INDODEFENCE mengunjungi Monas dan Masjid Istiqlal selama tur wisata kemarin selama beberapa menit,” demikian klarifikasi pihak Kedutaan Turki melalui keterangan tertulis, Jumat pagi.

Sementara itu, di luar masjid memang dipenuhi orang-orang yang menggunakan pakaian putih dengan syal hijau bertulis huruf Arab. Sander mengatakan mereka melihat bendera Turki dari mobil dinasnya dan mengambil foto bersamanya.

“Orang-orang yang melihat bendera Turki dari mobil dinas saya, meminta berfoto bersama dengan Wamen Turki Suay Alpay dan saya,” lanjut dia.

Kedatangan Suay Alpay juga disebutkan tak terkait dengan aksi massa terkait kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok.

 

Menurut Sander, acara jalan-jalan keliling Monas dan Masjid Istiqlal yang dia dan pejabat Turki lakukan kemarin itu tidak ada hubungannya dengan rencana demo besar-besaran di Jakata hari ini. Namun, di media sosial Indonesia, foto-fotonya jalan di depan Istiqlal menjadi viral.

“Tur wisata kemarin tidak ada hubungannya dengan demonstrasi yang direncanakan di Jakarta hari ini,” demikian pihak kedutaan menjelaskan.

Sebelumnya, akun Facebook Said Anshar mengunggah foto kerumunan orang yang diduga peserta demo 4 November. Dia mengklaim kedatangan Sander dan Wamen Pertahanan Turki sebagai dukungan dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk melaksanakan demo ini.

“Road to Istana. ucapan salam dukungan dari Mr. Erdogan yang disampaikan staff kedubes Turki kepada peserta Aksi Bela Qur’an #BelaQuran #DukungAksi4November,” demikian dikutip dari akun sosial medianya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya