DEMO 2 DESEMBER : Penjelasan PBNU Terkait Hukum Salat Jumat di Jalan Raya

DEMO 2 DESEMBER : Penjelasan PBNU Terkait Hukum Salat Jumat di Jalan Raya

SOLOPOS.COM -

KH Abdul Moqsith Ghazali hukum kegiatan ibadah salat Jumat di luar masjid adalah makruh.

Solopos.com, JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyoroti wacana salat Jumat di jalanan sebagaimana yang diserukan aksi demonstrasi 2 Desember 2016 mendatang. PBNU melalui laman resminya menilai

Hal ini sampaikan oleh Wakil Ketua Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PBNU KH Abdul Moqsith Ghazali di NU.or.id, Selasa (22/11/2016) dalam artikel berjudul Ini Pandangan Fiqih PBNU Soal Shalat Jumat di Jalanan.

Menurutnya, berdasarkan aktivitas ibadah Jumat pada masa Rasulullah SAW selalu diselenggarakan di masjid. Moqsith menyebut hukum kegiatan ibadah salat Jumat di luar masjid adalah makruh.

"Kemudian hal ini diperselisihkan oleh para ulama. Madzhab Maliki mewajibkan salat Jumat di dalam masjid. Tetapi kita tahu ada madzhab lain seperti Madzhab Syafi'i dan Madzhab Hanafi yang membolehkan shalat Jumat tidak di dalam masjid," kata Moqsith.

Dirinya menjelaskan, Madzhab Syafi'i di dalam kitab Al-Majemuk karya Imam An-Nawawi menegaskan pelaksanan salat Jumat harus dilakukan di dalam sebuah bangunan yang terbuat dari kayu, batu, dan bahan-bahan material lainnya. Atas ulasan itu, maka pelaksanaan salat Jumat di jalanan dianggap tidak sah dan wajib diulang dengan salat Zuhur.

"Kalau begitu, tidak boleh melakukan aktivitas salat Jumat di jalanan. Bahkan ada ulama yang memakruhkan shalat Jumat dilakukan di jalanan. Apalagi masjid-masjid yang tersedia cukup lebar. Sehingga praktis tidak ada alasan untuk melakukan salat Jumat di tengah jalan," terangnya.

Moqsith menyarankan agar pihak pihak yang berencana menggelar salat Jumat di jalanan untuk terlebih dahulu menjalankan kajian Fiqih secara mendalam dam melakukan telah dari pandangan ulama.

Selain PBNU, Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, K.H. Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) juga turut berkomentar. Gus Mus meminta massa demo yang akan salat Jumat di jalan untuk kembali memikirkan langkah tersebut. Menurut dia, salat di jalan tidak pernah diajarkan Rasulullah.

"Aku dengar kabar di ibu kota akan ada Jum'atan di jalan raya. Mudah2an tidak benar,"cuit Gus Mus di akun twitternya, Rabu (23/11/2016) pukul 16.00 WIB. "Kalau benar, wah dalam sejarah Islam sejak zaman Rasulullah SAW baru kali ini ada BID'AH sedemikian besar. Dunia Islam pasti heran," tulis dia lagi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Hari Pertama Larangan Mudik, Jumlah Pengguna Jalan di Sragen Landai

Lalu lintas di Sragen pada Kamis (6/5/2021) cukup landai. Kepadatan lalu lintas di Sragen justru lebih terasa sebelum larangan mudik berlaku yakni pada Rabu (5/5/2021).

10 dari 78 Ekor Anjing yang Gagal Diselundupkan ke Solo Dibawa dalam Kondisi Mati Kronologi Warga Sragen Gagal Selundupkan 78 Ekor Anjing dari Garut ke Solo

Penyelundupan 78 ekor anjing ke Solo dari Garut yang dilakukan warga Jakarta dan Sragen digagalkan aparat Polres Kulonprogo.

Kromoleo, Sosok Rombongan Hantu Pembawa Keranda

Dikenal sebagai hantu yang berwujud sebagai pengantar jenazah dan hantu ini sangat populer di kalangan masyarakat desa-desa di kawasan kaki Gunung Merapi.

4 Tahun Berlalu, Begini Nasib Proyek Jembatan Kaca Kemuning Karanganyar Senilai Rp55 Miliar

Pangdam IV/Diponegoro meninjau lokasi kebun teh di Kemuning memunculkan kembali pembahasan tentang proyek jembatan kaca Karanganyar.

Kedapatan Tarik Parkir Motor Rp3.000, Jukir Eses Distro Solo Baru Akui Salah Dan Minta Maaf

Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo gerak cepat menindak juru parkir (jukir) di pusat pertokoan Eses Distro Solo Baru yang menarik tarif parkir secara ugal-ugalan.

Melihat Dari Dekat Calon Kawasan Industri Terbesar di Jateng

Calon kawasan industri terbesar di Jateng yang berada d Batang ini juga punya area leisure dan edukasi yang bakal berada di kluster 3.

Biskuit Kokola Sajian Tepat Saat Berlebaran di Masa Pandemi

Biskuit Kokola Halal pas untuk keluarga saat momen Lebaran dan juga baik untuk imun.

Mobil Listrik KIA EV6 Langsung Jadi Rebutan di Inggris

Mobil listrik KIA yakni EV6 resmi mendarat di Inggris dan mobil listrik terbaru produsen otomotif Korea Selatan ini langsung diserbu konsumen.

Ngeri! 2 Ular Kobra Ditemukan di Rumah Warga Klaten, Sembunyi di Genting

Dua ular kobra ditemukan di rumah warga di Desa Tlogorandu, Kecamatan Juwiring, Klaten. Pemilik rumah sampai menjebol tembok untuk menangkap ular tersebut.

Bebas PPnBM, Penjualan Mobil di Malang Raya Naik 90 persen

Pemberlakuan bebas PPnBM pada mobil tertentu berdampak pada peningkatan penjualan mobil di Malang Raya mencapai 90 persen.

PT Delta Merlin Sragen Hanya Mampu Bayar THR 70% Gaji Dicicil, Mediasi Deadlock

Mediasi antara PT Delta Merlin Sandang Tekstil Sragen dengan karyawan terkait pembayaran THR Lebaran berakhir deadlock.

Warga Sragen Gagal Selundupkan 78 Ekor Anjing ke Solo

Aksi dua warga Sragen yang hendak melakukan penyelundupan anjing ke Kota Solo, digagalkan aparat Polres Kulon Progo.