SOLOPOS.COM - Ilustrasi polusi udara. (Reuters-Gonzalo Fuentes)

Solopos.com, BARCELONA — Pemerintah Barcelona di Spanyol telah mengeluarkan melarang penggunaan mobil tua. Hal itu diklaim bertujuan untuk menciptakan udara bersih.

Detik.com, Minggu (5/1/2020), melaporkan pemerintah setempat melarang mobil tua memasuki sebagian besar jalan. Pengemudi mobil keluaran 2000 atau sebelumnya dan kendaraan diesel keluaran 2006 atau sebelumnya dilarang masuk di zona seluas 59,5 km persegi dari total area 102 km persegi.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Pelarangan itu berlaku setiap hari muilai pukul 07.00 hingga pukul 20.00 waktu setempat. Siapa saja yang melanggar peraturan itu akan didenda senilai 100 Euro atau sekitar Rp1,5 juta sampai 150 Euro atau sekitar Rp2,3 juta.

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam tiga bulan pertama pada 2020 ini, pemerintah Barcelona belum akan memberlakukan denda tersebut karena masih dalam tahap sosialisasi. Untuk mengawasinya, 150 kamera pengawas dipasang.

Menurut kantor wali kota setempat, sekitar 50.000 kendaraan akan terpengaruh oleh kebijakan ini setiap harinya. Jumlah itu diprediksi akan meningkat mulai tahun depan, ketika truk, van, dan bus yang lebih tua tidak akan diizinkan memasuki zona rendah emisi.

Barcelona belum mampu menjaga nilai nitrogen oksida dalam batas yang diberlakukan Uni Eropa sejak 2002. Menurut laporan departemen kesehatan kota, kualitas udara yang buruk telah menyebabkan kematian 424 orang antara 2010 dan 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya