SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung menggelar lomba pidato kepemiluan tingkat pelajar SMA/SMK/MA sebagai bentuk pendidikan politik bagi pemilih pemula.

Ketua KPU Kabupaten Temanggung M. Yusuf Hasyim mengatakan pemilih pemula rawan dimanfaatkan sebagai komoditas politik oleh mereka yang tidak bertanggung jawab. “Mereka sering kali menjadi sasaran politik uang, hoaks, dan kampanye hitam. Tujuannya agar mereka berpihak dan menguntungkan kelompok tertentu demi kepentingan politik,” katanya di Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (12/12/2018).

Ia menuturkan lomba pidato diharapkan mampu memberikan kesadaran kepada peserta akan arti penting dan strategisnya posisi mereka dalam demokrasi, khususnya pemilu, yakni  sebagai agen perubahan, penjaga demokrasi untuk memerangi kolusi, korupsi, nepotisme dan penyimpangan demokrasi, yang merusak kehidupan berbangsa dan bernegara. “Melalui pidato ini, mereka sosialisasi tentang kepemiluan dan mengajak generasi sebaya untuk aktif dalam kepemiluan dan demokrasi,” katanya.

Ia mengatakan melalui lomba pidato ini diharapkan generasi muda mengajak warga untuk tidak golput, menyalurkan aspirasi tanpa tekanan dan iming-iming materi.

Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Temanggung Henry Sofyan Rois mengatakan peserta dari siswa SMA/SMK/MA di Kabupaten Temanggung. “Ada puluhan peserta. Lomba pidato diharapkan dapat berdampak positif untuk kehidupan demokrasi di Indonesia,” katanya.

Anggota staf ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Bupati Temanggung, Andristi, menyambut positif adanya lomba pidato tersebut. Para siswa menjadi terpacu belajar dan memperdalam kepemiliuan dan demokrasi. Ia menuturkan generasi muda adalah agen perubahan untuk memerangi politik uang, dan golput serta memberantas korupsi.

Menurut dia lomba pidato juga sebagai bekal para pelajar untuk masa depan dalam menempa karakter dan menyampaikan ide-ide pembangunan dan perubahan pada masyarakat. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya