SOLOPOS.COM - Salah satu Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang terletak di salah satu sudut Kota Wates. (JIBI/Harian Jogja/MG Noviarizal Fernandez)

Salah satu Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang terletak di salah satu sudut Kota Wates. (JIBI/Harian Jogja/MG Noviarizal Fernandez)

KULONPROGO—Satu persatu Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Kota Wates akan ditarik. Sampah dari rumah warga akan diangkut kendaraan bermotor roda tiga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ditemui Rabu (5/9), Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kulonprogo, Sukoco mengungkapkan, ada enam TPS yang ada, empat di antaranya sudah ditarik. Sisanya akan dirampungkan hingga akhir tahun ini. Menurut dia kebijakan tersebut berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) No. 25 /2011 tentang Retribusi Sampah.

Ekspedisi Mudik 2024

“Program ini untuk menciptakan keindahan kota, agar bersih, juga meringankan masyarakat. Berdasarkan Perda baru itu ada retribusi sampah, nantinya sampah akan diambil ke setiap rumah, jadi warga tidak perlu membuang ke TPS” kata Sukoco.

Empat TPS yang saat ini sudah ditarik yakni yang berada di pasar teteg barat, di depan SD Percobaan 4 atau sebelah utara kompleks kantor Pemkab, di pojok barat laut Alun-Alun, dan di dekat Stasiun Wates. Sedangkan dua yang akan segera ditarik setelah dikoordinasikan dengan lurah dan warga setempat yakni TPS di Pasar Burung dan di samping Gedung DPRD.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya