SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

CCTV

SLEMAN: Ketua Komisi D DPRD Sleman Sofya S Dharmawan mengusulkan agar Pemkab Sleman melakukan peningkatan pengawasan terhadap pengamanan di tempat hiburan malam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Langkah itu diperlukan, menyusul kian bertambahnya jumlah dan peristiwa di tempat hiburan malam yang mengakibatkan orang meninggal dunia.

“Saat ini sudah banyak contohnya dan perlu kewaspadaan semua pihak, terutama Pemkab Sleman jangan sampai lengah. Mereka harus lebih ketat dalam melakukan pengawasan keamanan di tempat-tempat hiburan malam itu,” kata Sofyan di DPRD Sleman, Selasa (9/4/2013).

Ia menambahkan, jika diperlukan tempat hiburan malam dipasangi Kamera Closed Circuit Television (CCTV). Dengan kamera itu diharapkan membantu keamanan secara langsung, terlebih jika pengunjung mengetahuinya.

“Kalau perlu memang dipasang CCTV saja di tempat hiburan malam itu. Jadi kalau pengunjung ingin melakukan tindakan jahat sudah takut terlebih dahulu karena akan terekam kamera,” kata Sofyan.

Menurutnya, saat ini tempat hiburan dan restoran di Sleman sudah banyak yang menggunakan kamera CCTV.
“Bahkan ada yang terang-terangan memberikan peringatan ‘wilayah ini dilengkapi CCTV’. Ini kan bagus,” tambahnya.

Adapun Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman, Shavitri Nurmala Dewi mengatakan pemasangan CCTV sudah menjadi keharusan di salah satu tempat usaha. Meskipun alat ini tidak banyak berperan dalam pengamanan secara langsung.

“Kalau peraturan pemasangan CCTV memang kami belum punya. Namun harusnya itu sudah satu paket dalam kelengkapan pengamanan,” ungkapnya.

Shavitri mengatakan jika tempat hiburan malam dipasang kamera CCTV, dia berharap bisa langsung terhubung dengan pos pengamanan terdekat. Jadi jika terjadi kejadian, misalkan perkelahian petugas pengamanan bisa langsung menuju ke lokasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya