SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, BATANG — Warga Batang, Senin (8/4/2019) sore, berebut gunungan hasil bumi yang disediakan Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-53 Kabupaten Batang. Kantor Berita Antara menyebutkan kegiatan itu melibatkan ribuan orang warga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Antara menggambarkan warga rela berdesak-desakan bahkan sampai terjatuh sekadar demi memperoleh bagian dari gunungan hasil bumi seperti tomat, kol, cabai, timun, terong, dan kacang panjang. Kirab budaya yang merangkai acara gerebekan gunungan itu dimulai dari Jl. Veteran, Jl. Ahmad Yani, Jl. Gajah Mada, Jl. Brigjen Katamso, dan berakhir di Pendopo Bupati Batang. Kirab memang menyedot perhatian ribuan warga di sepanjang jalan.

Bupati Batang Wihaji  mengatakan bahwa tradisi menyiapkan gunungan hasil bumi tersebut sudah menjadi agenda tahunan bagi wilayahnya saat penyelenggaraan hari ulang tahun pemerintah kabupaten. “Tradisi gunungan hasil bumi ini memang menarik dan unik sehingga ditunggu masyarakat. Tradisi ini sekaligus sebagai bentuk wujud syukur warga dengan hasil bumi yang melimpah,” ujarnya.

Bupati Wihaji yang didampingi wakilnya, Bumi Suyono, mengatakan pada rangkaian HUT ke-53 Batang juga diselenggarakan berbagai kegiatan seperti kirab budaya dan lomba paralayang yang akan diikuti oleh sejumlah atlet nasional. Ke depan, tambahnya, pemkab berusaha  menyelenggarakan kegiatan kirab budaya yang lebih meriah, menarik, dan inovatif sehingga bisa pula menjadi daya tarik masyarakat dan pengunjung.

“Kirab budaya yang diselenggarakan pada hari ini sudah ramai. Namun, kami ke depan dalam rangkaian HUT Batang berkeinginan bikin kegiatan ini lebih meriah dan inovatif,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya