SOLOPOS.COM - Panen anggur beku (Dailymail.co.uk)

Panen anggur beku (Dailymail.co.uk)

PRAHA—Sejumlah orang tampak serius memetik anggur. Mereka mengenakan baju tebal untuk mengindari dingin salju. Para petani di Republik Ceko itu sengaja memanen anggur pada pagi bersalju yang dingin dengan suhu minus 12 derajat celcius.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Daily Mail, Senin (10/12), pemanenan dilakukan mulai pukul 03.00 dini hari hingga Matahari terbit. Para petani di Republik Ceko itu berhasil mengumpulkan lebih dari lima ton anggur.

Pemanenan pada dini hari dilakukan demi mendapat wins es terbaik yang disebut, Eiswein. Wine semacam itu banyak diproduksi di Jerman dan Kanana. Bahan yang digunakan adalah anggur yang telah membeku.

Pemanenan harus dilakukan sesuai prosedur untuk mendapat kualitas anggur terbaik. Pemanenan juga baru dilakukan setelah anggur membeku pada suhu minus tujuh derajat celcius. Karena itulah panen dilakukan malah hari sebelum anggur terkena cahaya Matahari.

Dari hasil panenan di tempat tersebut, akan diperoleh 1.000 liter eiswein. Jenis anggur yang banyak digunakan untuk membuat eiswein adalah Riesling, Cabernet Franc dan Pinot Noir. Fermentasinya berlangsung lebih lama dibanding anggur biasa. Wine jenis tersebut juga menggunakan alkohol yang lebih sedikit dibanding wine jenis lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya