SOLOPOS.COM - Ilustrasi main game Pokemon Go (indianexpress.com)

Demam Pokemon Go mulai merasuki kalangan PNS di Bantul

Harianjogja.com, BANTUL- Bupati Bantul Suharsono menyatakan akan menerbitkan surat edaran yang melarang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di wilayah ini bermain game online Pokemon Go pada jam kerja. Sebagian PNS mulai keranjingan Pokemon Go.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Suharsono mengatakan, telah menerima surat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengenai imbauan bagi PNS untuk tidak bermain game Pokemon Go saat jam kerja. “Surat itu sudah dikirim lewat email,” kata Suharsono, Kamis (21/7/2016).

Ia meminta para PNS tidak melanggar surat edaran yang akan ia terbitkan. Suharsono juga telah mendengar kabar mengenai dampak negatif game Pokemon Go bagi keberlangsungan pemerintahan apabila pegawai atau aparatnya sibuk bermain game online tersebut.

Sejauh ini kata dia, tidak ada sanksi berat yang bakal diterapkan terhadap PNS yang melanggar imbauan untuk tidak bermain Pokemon Go.

“Memang tidak ada sanksinya karena hanya imbauan, kalau dilanggar saya akan panggil pegawai itu untuk menghadap saya,” tutur dia. Namun ia tidak melarang apabila game tersebut dimainkan di luar jam kerja.

Sementara penelusuran media ini Kamis, sejumlah PNS mulai “demam” Pokeman Go. Salah seorang PNS di Bantul yang meminta identitasnya dirahasiakan mengatakan, telah mengunduh aplikasi game Pokemon Go secara gratis dari internet.

Tidak lama diunduh, ia mendapat bonus satu monster Pokemon. Setelah itu ia diarahkan untuk mencari monster Pokeman lainnya yang tersebar di Bantul. “Monsternya ada di sekitar Jamasba [masjid di dekat Pemda] ada juga di Kantor Pemda Bantul,” tutur sumber tersebut.

Namun ia mengaku kerepotan bila harus mengejar monster virtual tersebut, sebab gadget miliknya mengandalkan koneksi internet dari wifi kantor. “Kalau ke luar sudah tidak bisa akses internet, jadi monsternya enggak saya ambil,” tutur dia.

Saat di rumah, ia juga mengaktifkan game Pokemon Go karena telah terpasang wifi. Saat itu ia harus mencari monster Pokemon dengan dibantu GPS. Lagi-lagi karena tidak ada akses internet ia batal mendapatkan bonus monster.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya