SOLOPOS.COM - Dong Nguyen (teknoup.com)

Solopos.com, HANOI — Pencipta Flappy Bird, Nguyen Ha Dong atau Dong Nguyen, akhirnya buka suara soal penarikan Flappy Bird. Menurutnya Flappy Bird cenderung menimbulkan ketergantungan dan menjadi game yang akan menimbulkan masalah dikemudian hari.

Dalam pernyataannya yang dilansir Appleinsider, Selasa (11/2/2014), Dong Nguyen sebenarnya tidak menyangka Flappy Bird adalah produk game adiktif, karena harapannya, sebagai game indie, Flappy Bird tidak lebih dari game biasa yang dimainkan hanya beberapa menit di waktu senggang saja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nguyen juga menyebut, Flappy Bird telah menyimpang jauh dari rencana awal. Game sederhana ini dibuatnya dalam waktu hanya tiga hari dan selama berhari-hari membuatnya frustrasi.

Meski populer dan banyak digemari oleh hampir seluruh pecinta game dunia, Dong justru kini membenci Flappy Bird yang notabene adalah buatannya sendiri.

Hal tersebut disebabkan oleh semakin rumitnya kehidupan Dong setelah Flappy Bird sukses besar. Kehidupannya yang sederhana justru terusik, bahkan dia tak nyaman saat berjalan-jalan di keramaian kota. Banyak orang yang selalu bertanya tentang game Flappy Bird.

“Saya anggap Flappy BIrd adalah bentuk kesuksesan saya mengembangkan game. Namun itu justru merusak kehidupan pribadi saya yang sederhana. Sekarang saya sudah benci dengan Flappy Bird,” katanya seperti dikutip Wall Street Journal, Selasa.

Menurut pria berusia 29 tahun ini, Flappy Bird membuatnya menderita. Sehingga dengan sangat terpaksa dia sudah terputus dari Internet dan belum sama sekali membuka email sejak beberapa waktu yang lalu. “Saya ingin semuanya kembali normal,” tambahnya.

Pernyataan ini sekaligus menepis rumor tak sedap yang berkembang di media. Sebelumnya disebutkan Dong diancam oleh sejumlah pihak karena hasil karyanya yang dituduh plagiat. Dong bahkan dikabarkan bunuh diri karena frustasi. Akun Twitternya, @dongatory, hingga kini enggan berkicau. Berbeda dari sebelumnya yang terus mengupdate kabar-kabra tentang game indie garapannya.

Game Flappy Bird buatannya memang booming dalam tiga pekan belakangan. Tingkat kesulita yang tinggi ditambah tampilan game yang serba sederhana jadi daya tarik game ini.

Kini game telah ditarik dari Google Play dan Apple Store. Jika Anda belum sempat menjajal, Anda dapat meminjam dari yang telah menginstal game, atau mengunjungi situs http://www.flappybird.com/play/.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya