Tutup Iklan

DEMAM BERDARAH SOLO : Tak Hanya Galakkan 3 M, Warga Juga Diimbau Rajin Lipat Baju

DEMAM BERDARAH SOLO : Tak Hanya Galakkan 3 M, Warga Juga Diimbau Rajin Lipat Baju

SOLOPOS.COM - Suasana acara Bincang Masyarakat Jumat Sehat yang diadakan UPTD Puskesmas Keratonan di Pendapa Kantor Kelurahan Danukusuman, Serengan, Solo, Jumat (28/10/2016). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Demam berdarah Solo diantisipasi dengan menggalakkan penyuluhan kepada masyarakat.

Solopos.com, SOLO - Jentik-jentik nyamuk masih ditemukan hidup di penampungan air di rumah warga Kelurahan Danukusuman, Kecamatan Serengan, Solo. Oleh sebab itu, warga setempat diimbau melakukan gerakan 3 M, yakni menutup, menguras, dan mengubur barang-barang yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Kepala UPTD Puskesmas Kratonan, dr. Yusuf Bakhtiar mengatakan kesadaran masyarakat sudah bagus, namun masih ada saja warga yang kecolongan.

"Artinya, jentik-jentik nyamuk masih ditemukan hidup di bak penampungan air. Jangan sampai terjadi seperti itu. Kalau pemilik rumah sudah sepuh, berikan abate. Tapi kalau pemilik rumah masih muda atau kuat, kasih pemahaman soal gerakan 3 M," kata Yusuf kepada peserta Bincang Masyarakat Jumat Sehat, Jumat (28/10/2016), di pendapa Kantor Kelurahan Danukusuman.

Kegiatan itu diikuti ibu-ibu warga Kelurahan Danukusuman. Sebelumnya, para kader posyandu dan PKK tersebut diajak terlebih dahulu berkeliling meninjau berbagai rumah warga. Yusuf mengatakan berdasarkan hasil peninjauan lapangan bersama-sama, masih ditemukan jentik-jentik nyamuk hidup di penampungan air di rumah warga Danukusuman.

 

Yusuf menegaskan demam berdarah bisa diberantas hanya dengan peran aktif masyarakat. Bukan hanya melakukan gerakan 3 M, menurut dia, masyarakat juga perlu mmengurangi risiko penularan demam berdarah dengan beberapa tindakan lain, seperti rajin melipat pakaian.

"Saat ke rumah-rumah, masih ditemukan banyak pakaian yang tergantung di kamar khususnya. Jangan dibiarkan seperti itu. Pakaian sebaiknya segera dilipat agar tidak menjadi tempat hinggap nyamuk. Sebenarnya mudah memberantas demam berdarah. Masyarakat cukup memperhatikan hal-hal kecil yang sebenarnya mudah untuk dilakukan," ujar Yusuf.

Lurah Danukusuman, Widyastuti, mengajak warga Danukusuman khususnya, memperhatikan kebersihan lingkungan masing-masing. Dia meminta warga Solo tetap menjaga kesehatan masing-masing, meskipun biaya berobat saat ini bisa sangat murah dan bahkan gratis. Widyastuti mengingatkan warga untuk segera berobat apabila mengalami gejalan menderita penyakit.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Soal Perusakan Makam Di Mojo Pasar Kliwon, Ini Kata Kapolresta Solo

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menjelaskan tentang langkah polisi dalam penanganan kasus perusakan makam di Kelurahan Mojo.

Indosat Ooredoo Luncurkan Layanan 5G Pertama di Solo, Ini Keunggulannya

PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) meluncurkan layanan 5G komersial pertama di Solo pada Selasa (22/6/2021).

Tambah Lagi, Total 107 Karyawan Pabrik Sepatu di Jaten Terpapar Covid-19

Karyawan pabrik sepatu di Kecamatan Jaten yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah menjadi 107 orang.

Lengkapi Barang Bukti, Polisi Sragen Ubek-Ubek Jamban Cari Celana Dalam Bocah Korban Pencabulan Sukodono

Polisi Sragen mengubek-ubek jamban untuk mencari celana dalam milik bocah korban pencabulan di Sukodono sebagai barang bukti,

Daihatsu Luncurkan Rocky 1.2L Terbaru di Indonesia

Daihatsu Rocky 1.2L merupakan hasil pengembangan putra-putri Indonesia melalui tim R&D PT.Astra Daihatsu Motor (ADM).

Waspada! 35 Persen Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Di Klaten Tak Punya Komorbid

Sebanyak 35% dari total jumlah pasien positif Covid-19 Kabupaten Klaten yang meninggal diketahui tidak memiliki komorbid.

Heboh Ivermectin untuk Pengobatan Covid-19, Bagaimana Faktanya?

Menanggapi kabar itu, Badan POM menjelaskan penggunaan Ivermectin untuk pengobatan Covid-19.

Perusakan Makam di Solo Dilakukan Anak-Anak, Pemerhati Anak: Ini Tanggung Jawab Bersama!

Pemerhati Anak, Ketua Sahabat Kapas, Dian Sasmita, menanggapi perusakan makam yang dilakukan oleh sepuluh anak-anak di Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Jalani Swab PCR

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.