SOLOPOS.COM - Ilustrasi nyamuk penyebar demam berdarah. (JIBI/Solopos/Dok.)

Demam berdarah Solo ini terkait beredarnya vaksi dengue.

Solopos.com, SOLO — Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo mempersilakan masyarakat menggunakan vaksin dengue yang telah beredar di sebagian apotek di Kota Bengawan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal itu karena vaksin itu telah mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) DKK Solo, Efi S. Pertiwi, memastikan vaksin bernama Dengvaxia itu boleh dimanfaatkan masyarakat karena peredarannya di Indonesia sudah mendapat persetujuan dari BPOM.

“Vaksin dengue sekarang boleh saja digunakan karena sudah disetujui BPOM. Tapi untuk ketersediaan vaksin di puskesmas maupun rumah sakit daerah memang belum bisa. Pemanfaatan vaksin ini belum menjadi program pemerintah,” kata Efi saat dimintai konfirmasi soal vaksin dengue yang telah beredar di Solo, Rabu (9/11/2016).

Efi menilai vaksin dengue belum bisa menjadi program pemerintah karena masih diproduksi di luar negeri, tepatnya oleh Sanofi Pasteur, perusahaan dari Prancis.

Dia menjelaskan beberapa jenis vaksin yang kini sudah menjadi program pemerintah sehingga tersedia di berbagai pusat layanan kesehatan di Indonesia merupakan vaksin produksi dalam negeri, yakni Biofarma.

Disinggung soal efektivitas penggunaan vaksin dengue, Efi yakin, mampu mencegah terjangkitnya penyakit demam berdarah pada individu. Namun berdasarkan informasi yang dia peroleh, Efi menyampaikan, vaksin dengue hanya cocok digunakan bagi anak-anak usia 9 tahun (th) sampao 16 th.

“Penderita DBD kan banyak juga yang di bawah 9 th. Saran kami masyarakat tetap mengutamakan gerakan PSN [pemberantasan sarang nyamuk],” tutur Efi.

Saat dihubungi Espos, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Solo, dr. Adji Suwandono, menyebut belum ada informasi yang jelas terkait pemanfaatan vaksin dengue di Solo. Adji menilai perlu dilakukan eviden based medical (EBM) sebagai bukti kalau vaksin dengue bermanfaat.

“Kayaknya belum ada di Solo. Kalau soal peredaran vaksin seperti itu bisa tanya ke bagian P2PL DKK Solo. Pasti tahu infonya. Kalau memang ada, perlu itu ada vaksin dengue untuk masyarakat luas. Kalau saya sendiri belum pernah menemukan penggunaan vaksin dengue,” jelas Adji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya