SOLOPOS.COM - Salah seorang warga boro membeli batu akik yang dijual pedagang di dalam Objek Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur (OWSA-WGM) Wonogiri, Sabtu (18/7/2015). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Demam batu akik masih menjangkiti masyarakat. Para pemudik pun berburu batu akik di Wonogiri.

Solopos.com, WONOGIRI – Momentum mudik pada Lebaran 2015 ini juga dimanfaatkan sebagian orang untuk berburu batu akik. Salah satunya yang dilakukan oleh sejumlah pemudik di Wonogiri.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pemudik asal Desa Gambirmanis, Pracimantoro, Wonogiri, Kardi, 50, mengaku membeli dua batu akik saat mudik kali ini.

“Saya habis membeli dua cincin akik jenis fire opal berukuran kecil, masing-masing akik seharga Rp1 juta,” ujar Kardi saat ditemui di Objek Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur (OWSA-WGM) Wonogiri, Sabtu (18/7/2015).

Kardi yang selama ini merantau di Jakarta mengaku akik itu pesanan temannya asal Depok yang penasaran dengan jenis batu akik fire opal dari Wonogiri.

Sementara satu batu akik lainnya untuk cenderamata atau oleh-oleh teman satu kantor.

“Batu akik fire opal Wonogiri ternyata sudah sangat dikenal di Jakarta. Namun, sayangnya batu itu sekarang sangat sulit dicari. Kalau pun ada harganya sangat mahal,” kata dia yang datang ke WGM bersama empat rekannya sesama perantau.

 

Senada diungkapkan Hadi Surento, 35, warga Desa Sendang. Menurut dia, setelah mendengar ada penjual batu akik di WGM yang menjual akik jenis fire opal langsung bergegas menuju ke WGM.

“Saya sudah berpindah-pindah ke lima lokasi ke penjual batu akik di Wonogiri hingga Tirtomoyo. Semua stok akik fire opal habis dan baru dapat di WGM dengan harga Rp1,5 juta,” kata dia.

Sementara itu, salah seorang pengrajin batu akik di Tirtomoyo, Hartono, mengaku sebelum Lebaran sudah menyetok banyak batu akik.

“Sebagian besar pencari akik adalah kaum boro yang menjadikan akik untuk oleh-oleh,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya