SOLOPOS.COM - Aneka warna batu topaz (hsamuel.co.uk)

Demam batu akik menempatkan nama-nama seperti topaz, bacan hingga sungai dareh di jajaran batu akik terpopuler di Indonesia saat ini. Batu-batu ini juga masuk di jajaran batu akik termahal saat ini.

Solopos.com, SOLO – Tren demam batu akik masih menjangkit masyarakat kelas menengah hingga tokoh nasional Tanah Air. Sejumlah batu akik termahal hingga batu akik terpopuler menjadi buruan terpopuler di berbagai situs pencari. (Baca Juga: Inilah 7 Jenis Batu Paling Digemari di Dunia)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dari sejumlah batu akik termahal dan terpopuler, jenis batu akik seperti bacan hingga batu akik sungai dareh menjadi incaran para kolektor. Selain itu, ruby dan opal yang sudah terlebih dahulu terkenal justru tergeser popularitasnya dengan batu akik zamrud.

Blogger akiks.com mengumpulkan daftar batu akik termahal dan terpopuler di Indonesia. Beberapa memiliki harga yang terbilang fantastis.

Inilah 10 batu akik paling diburu di Indonesia sepanjang 2015;

10. Batu Akik Lavender

Dalam sebuah kontes nasional yang pernah diadakan beberapa waktu lalu batu lavender spiritus baturaja masuk dalam kategori batu terbaik dan berhasil memenangi kontes. Batu ini menjadi buruan banyak kolektor.

Harga batu lavender yang berhasil memenangi kontes ditawar hingga Rp175 juta namun sang pemilik belum melepasnya. Sejak saat itu batu yang banyak ditemukan di wilayah Simpang dan Segara Kembang, Kecamatan Lengkiti Oku, Sumatra Selatan, itu menjadi incaran banyak kolektor dan masuk dalam jajaran batu terpopuler di Indonesia maupun di pasaran internasional.

9. Batu Akik Kecubung (Amethyst)

Amethyst sangat terkenal di sejumlah negara di Eropa dan Asia. Warna khas ungu yang terdapat pada batu ini membuatnya terlihat mempesonal. Tak hanya bisa dijadikan sebagai perhiasan, kecubung juga dipercaya sebagai batu pembawa keberuntungan.

Amethyst sebenarnya cukup terjangkau, meskipun untuk jenis Deep Rusian bisa harganya bisa mencapai Rp70 Juta per karat.

8. Batu Giok

Di Indonesia batu giok dikenal sejak lama. Popularitas batu ini tidak pernah luntur, terlebih di tengah semakin bertambahnya penghobi batu akik belakanhgan ini. Kini harga batu giok makin mahal.

Keindahan giok dengan warna khas hijau dijadikan sebagai perhiasan, seperti mata cincin, kalung, liontin, dan lain-lain. Sebagian orang percaya batu yang dikenal sejak ribuan tahun sebelum masehi di Tiongkok ini bisa membawa keberuntungan, ketenteraman, dan kedamaian bagi pemiliknya.

 (Baca Juga: Asli atau Palsu? Begini Cara Bedakan Akik Berkualitas)

7. Batu Akik Sungai Dareh

Batu akik Sungai Dareh populer berkat SBY dan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama. Harganya bervariasi dari mulai ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah, tergantung jenisnya.

Kunikan dan kelebihan atau keistimewaan batu sungai dareh terletak pada corak an warna batu yang sangat menawan. Batu ini juga memiliki kekerasan standar batu mulia kualitas internasional dengan keras 7 skala mohs atau sama dengan batui Giok Tiongkok yang telah dikenal manusia ribuan tahun lalu.

6. Batu Akik Kalimaya (Opal)
Batu Opal menjadi salah satu batu akik paling mahal di dunia. Harga batu opal atau dikenal pula dengan batu kalimaya yang termahal mencapai 2.500US$/karat atau sekitar Rp30 Juta/karat.

Batu opal di Indonesia dikenal dengan istilah kalimaya dan banyak ditemukan di Daerah Banten. Harga batu kalimaya sendiri bervariasi tergantung kualitas layaknya batu akik pada umumnya.

SELANJUTNYA …

5. Batu Topaz
Batu topaz memiliki banyak warna seperti kuning, biru dan jingga agak kemerahan. Jenis batu ini banyak ditemukan di banyak negara seperti Sri Lanka, Rusia, Brazil, Meksiko dan masih banyak lagi negara penghasil batu yang banyak diguakan sebagai perhiasan ini.

Seperti batu mulia pada umumnya, topaz dipercaya menandung energi alam yang bermanfaat bagi pemakainya baik yang berkaitan dengan kesehatan jazmani maupun  rohani seperti menghilangkan depresi, memaksimalkan daya kerja otak serta dipercaya bisa membawa kedamaian.

Batu topaz dengan warna biru muda sampai biru tua berkisar di harga Rp100.000 sampai Rp2 Juta per karat. Bahkan untuk topaz dengan kualitas keindahan yang lebih bagus lagi dapat mencapai puluhan juta per karat.



4. Batu Ruby

Diantara deretan batu mulia, Ruby, mungkin menjadi salah satu yang cukup terkenal. Batu Ruby sering juga disebut batu merah delima. Harga batu ini bervariasi tergantung tingkat keunikan dan kualitasnya. Batu ruby dipercaya sebagai simbol kekuatan dan keberanian

3. Batu Akik Zamrud

Batu mulia jenis ini berwarna hijau bening sampai hijau tua dan dikenal banyak orang sejak ribuan tahun lalu sebagai permata indah dengan harga mahal. Batu zamrud memiliki kekerasan 7.5 pada skala Mohs  dan permata ini dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian.

2. Batu Akik Safir (Saphire)

Safir sudah cukup populer di berbagai belahan negara. Safir menjadi salah satu batu yang cukup mahal. Bahkan batu ini disebut-sebut untuk kalangan atas saja.

Safir termasuk mineral yang dikenal sebagai korundum dan secara umum digunakan sebagai permata cincin yang indah atau untuk perhiasan jenis lainnya.

Batu permata ini memiliki banyak variasi warna seperti warna biru, jingga, kuning, merah muda, kehijauan dan ungu.

Khasiat batu safir dipercaya untuk menenangkan pikiran dan memancarkan aura positif untuk mengembangkan daya pikir bagi pemakainya

Harga batu Safir berada di kisaran jutaan rupiah hingga ratusan juta rupiah.

1. Batu Akik Bacan
Batu bacan merupakan jenis batu mulia/akik asal Indonesia dan banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan Maluku Utara tepatnya di pulau bacan. Jenis batu bacan paling populer dan banyak dicari jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea. (Baca Juga: Begini Cara Membedakan Jenis-Jenis Batu Bacan)

Batu bacan rata-rata berwarna hijau. Di situs jual beli dapat ditemu bacan dengan harga bervariasi dari ratusan ribu hingga puluhan juta. Salah satu bacan termahal bahkan berada di kisaran harga Rp150 Jutaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya