SOLOPOS.COM - Ilustrasi batu akik (JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

Demam batu akik masih melanda masyarakat. IGL membuka Lab on Site untuk mengecek keaslian batu akik.

Solopos.com, SOLO — International Gemological Laboratory (IGL) membuka Lab on Site di Pameran Batu Mulia Nusantara 2015 di Hartono Mall, Solo Baru, Sukoharjo, Jumat (14/8/2015).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Panitia Pameran Batu Mulia Nusantara 2015, Banu Putranto Putra, mengatakan Lab on Site ini  dibuka pada pukul 10.00 WIB dan dioperasikan hingga Senin (17/8/2015).

Menurut dia, pembukaan ini dihadiri langsung oleh senior gemology Indonesia, Jefri.

“Pengunjung bisa mengecek keaslian batu mulia yang dimiliki dan akan memperoleh sertifikat. Hal ini mengingat dengan semakin booming-nya batu akik, ada beberapa yang memalsukan,” ungkap Banu saat dihubungi Solopos.com, Kamis (13/8/2015).

Dia menjelaskan pengunjung bisa mengecek keaslian batu dengan biaya Rp150.000 per batu. Menurut dia, pengecekan lab ini tidak sekadar untuk memastikan keaslian batu tapi juga dapat meningkatkan harga batu mulia yang dimiliki. Hal ini karena tingkat kepercayaan menjadi lebih tinggi.

Dia mengatakan pameran batu mulia kali ini lebih meriah dan lebih beragam. Hal ini karena peserta dari luar daerah, seperti Kalimantan, Bali, Jakarta, Lampung, dan Bengkulu.

“Pameran ini diikuti sekitar 70 stan dari berbagai daerah dengan bermacam batu yang dihadirkan,” kata dia.

Menurut dia, batu bacan dan red fire oval yang paling banyak diminati karena jumlahnya yang terbatas. Dia mengatakan batu akik masih tetap bisa menjadi salah satu pilihan untuk investasi karena meski sudah booming lama tapi harga masih normal.

Oleh karena itu, transaksi yang terjadi juga masih tinggi mengingat dalam sehari pengunjung mencapai puluhan ribu orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya