SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi batu akik jenis spirtus (JIBI/Solopos/Antara)

Demam batu akik masih menjadi perbincangan menarik hingga saat ini.

Solopos.com, SOLO — Sering kali, masyarakat awam belum dapat mengetahui energi yang tersimpan di batu akik. Sebenarnya, ada satu cara unik sekaligus mudah untuk para penggemar batu akik agar mengetahui potensi energi di dalamnya. Salah satu cara tersebut adalah menggesekkan batu akik di layar sentuh atau touch screen handphone atau tablet Anda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Kepala Museum Geologi Bandung, Sinung Baskoro, tidak semua batu akik memiliki energi. Sinung mengaku, salah satu cara paling sederhana untuk mengetahui pancaran energi batu akik, dengan menggunakan batu tersebut untuk menjalankan aplikasi di handphone atau tablet berlayar sentuh (touch screen).

“Kalau aplikasi handphone-nya bisa terbuka atau bergeser, itu berarti batunya ada energi. Atau menempatkan batu itu di laptop pas bagian mindahin kursor. Kalau kursornya bergerak, berarti baru itu ada energinya,” terang Sinung, Sabtu (23/5/2015), sebagaimana dilansir Detik, Senin (25/5/2015).

Sinung juga berpendapat, tidak semua batu akan memancarkan energi yang sama ketika berada di tangan orang yang berbeda. Menurutnya ada faktor sugesti.

“Dan harus diingat pula, energi yang keluar belum tentu sama antara seseorang dengan yang lainnya. Jadi cocok-cocokan. Sama seperti obat. Jadi sebenarnya tergantung sugesti juga,” jelas Sinung.

Meski Sinung mengaku senang dengan keindahan batu akik, ia tidak memakainya karena takut terjerembab dalam sifat menyekutukan Tuhan atau syirik.

Senada dengan Sinung, pedagang batu akik di Pasar Dargo, Semarang, bernama Wawan Darmawan juga menggunakan metode layar sentuh sebagaimana halnya Sinung untuk mengetahui potensi energi batu akik.

Namun begitu, menurut Wawan, metode dengan cara touch screen tersebut, khusus untuk batu akik bacan. “Kalau bisa bergerak berarti asli. Batu Bacan dan Garut Hijau itu bisa menggerakkan layar tablet Samsung. Di luar Bacan dan Garut Hijau, Samsung tidak bisa bergerak,” kata Wawan sebagaimana Solopos.com kutip dari Okezone, Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya