SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Yogyakarta–Sebanyak delapan pengungsi Gunung Merapi di posko Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis yang memadai.

“Hingga hari ini ada delapan pengungsi di posko Hargobinangun yang harus dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis tingkat lanjut,” kata salah petugas kesehatan di posko pengungsian Hargobinangun Monika di Sleman, Minggu.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Ia mengatakan pengungsi yang dirujuk ke rumah sakit umumnya para pengungsi pralansia yang memiliki keluhan infeksi saluran pernafasan atas dan demam.

“Ada juga seorang pengungsi yang menderita penyumbatan saluran kencing karena terlalu lama menahan kencing akibat terbatasnya jumlah sarana mandi cuci kakus di posko pengungsian,” katanya.

Selain itu ada juga seorang pengungsi di posko Hargobinangun yang harus dirujuk ke rumah sakit karena  dalam kondisi hamil tua dan diperkirakan segera melahirkan.

“Secara umum, kesehatan pengungsi di posko Hargobinangun dalam kondisi baik. Hanya beberapa yang harus dirawat di rumah sakit,” katanya.

Menurut dia, keluhan yang sering dirasakan pengungsi adalah infeksi pernafasan, pusing, dan hipertensi. “Jika keluhan ringan, cukup ditangani di posko kesehatan,” katanya.

Sementara itu, persediaan obat-obatan di posko pengungsian Hargobinangun masih mencukupi. “Kami juga terbantu oleh posko kesehatan yang didirikan PT Pertamina dan PT Bintang Toedjoe,” katanya.

Saat ini posko pengungsian Hargobinangun menampung 4.538 pengungsi yang berasal dari Dusun Kaliurang Barat, Kaliurang Timur, Ngipiksari, Boyong, dan Banteng.

Ant/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya