SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Istimewa)

Harianjogja.com, JOGJA- Dari 45 calon rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Panitia Pemilihan Rektor UII menetapkan delapan bakal calon rektor (Bacarek) UII Periode 2014-2018.

Sekretaris Panitia Pemilihan Rektor dan Wakil Rektor (PPR) UII Nurjihad mengatakan, dari jumlah tersebut Mantan Ketua MK Mahfud MD yang juga dosen tetap UII tidak termasuk delapan orang bacarek yang ditetapkan.

Promosi BRI Lakukan Penyesuaian Jam Operasional Selama Ramadan, Cek Info Lengkapnya

Sebab, hingga batas waktu yang ditentukan, tidak ada surat kesediaan dari Mahfud MD untuk dicalonkan sebagai rektor.

Ekspedisi Mudik 2024

“Saya tidak tahu alasannya. Untuk menjadi calon rektor juga memiliki jabatan, minimal ketua program atau prodi,” ungkapnya kepada sejumlah wartawan, Senin (30/12/2013).

Kedelapan bacarek tersebut adalah Prof. Amir Mu’alim Guru Besar IAI, Prof. Hadri Kusuma Guru Besar Fakultas Ekonomi, Prof. Jawahir Thontowi Guru Besar Hukum, Prof. Mochamad Teguh dan Prof Sarwidi keduanya Guru Besar Teknik Sipil. Selanjutnya, Nandang Sutrisno Lektor Kepala F Hukum, Allwar dan Rudy Syahputra Lektor Kepala F Mipa UII.

“Dari delapan orang itu nantinya akan disaring menjadi lima orang. Kemudian kami mengajukan tiga orang suara terbanyak ke pihak yayasan untuk ditetapkan sebagai rektor,” ujarnya.

Alasan banyak dosen UII yang tidak bersedia dicalonkan di antaranya karena belum memiliki gelar profesor meskipun ada juga profesor yang tidak mencalonkan.

“Alasan gelar guru besar ini menjadi alasan sebagian besar, padahal bukan syarat mutlak. Mungkin mereka ingin konsentrasi mengurus guru besar dan berkonsentrasi untuk mengajar,” ujarnya.

Dijelaskan Nurjihad, jumlah dosen, karyawan dan mahasiswa yang memiliki hak pilih sebanyak 718 orang. Rinciannya dosen tetap berjumlah 441 orang, karyawan tetap 257 orang dan perwakilan dari mahasiswa sebanyak 20 orang.

“Pada 11 Februari 2014 ketiga calon rektor yang memiliki suara terbanyak akan kami serahkan ke badan yayasan,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya