SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Vicente Del Bosque. JIBI/SOLOPOS/Reuters

MADRID—Pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque, menganggap faktor kelelahan menjadi penyebab timnya gagal meraih poin maksimal saat menjamu Prancis, Rabu (17/10) dini hari WIB.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Dalam laga babak kualifikasi Piala Dunia 2014 di Vicente Calderon itu, Spanyol hanya mampu berbagi angka 1-1 dengan Prancis. La Furia Roja, unggul lebih dulu melalui Sergio Ramos di menit ke-25. Namun, Les Bleus, sebutan Prancis, menyamakan kedudukan di masa injury time menit ke-93 melalui tandukan Oliver Giroud.

Pelatih yang membawa Spanyol memenangi Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 ini mengaku stamina timnya mulai menurun di babak kedua. Alhasil hal itu mempengaruhi konsentrasi sehingga mampu kecolongan di penghujung laga.

“Kami mengendalikan permainan di babak pertama. Namun, di babak kedua penetrasi kami sedikit berkurang. Tapi kami cukup membuat peningkatan di penghujung babak pertama dengan penalti [yang gagal dieksekusi Cesc Fabregas serta peluang dari Pedro,” tutur Del Bosque dilansir Soccerway, Rabu.

“Secara realistis, kami dapat menambah gol. Setelah itu, kami cenderung bermain terbuka dan mulai kelelahan,” imbuh Del Bosque yang mengaku jadwal padat menjadi penyebab stamina pemainnya menurun.

Selain faktor kelelahan, Del Bosque juga mengaku, salah mengambil strategi, terutama dalam membuat rotasi pemain. “Anda selalu memiliki keraguan dengan perubahan yang terlalu banyak. Dalam kasus ini, dua pergantian pertama yang perlu dilakukan karena faktor cedera [Santi Cazorla digantikan David Silva di menit ke-13 dan Juanfran menggantikan Arbeola di menit ke-50],” beber Del Bosque.

“Sementara pergantian ketiga, kami ragu apakah perlu bertahan atau menyerang. Namun akhirnya kami memutuskan memasukkan Fernando Tores [striker]. Ada banyak hal dalam sepakbola yang membuat Anda tak benar-benar yakin,” imbuh Del Bosque.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya