Deklarasi Garda Jokowi di Solo Jadi Temu Kangen Antasari Azhar

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Seribuan orang berpakaian seragam putih hitam mendatangi Gedung Wanita Sasana Krida Kusuman, Kelurahan Manahan, Banjarsari, Solo, Kamis (20/9/2018) siang.

Kedatangan mereka di kompleks Gedung Wanita langsung disambut bentangan spanduk bertuliskan “Temu Kangen Antasari Azhar”.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, tak terlihat satu pun spanduk bertulisan “Deklarasi Garda Jokowi” di luar maupun di dalam Gedung Wanita.

Padahal belakangan beredar kabar Gedung Wanita pada Kamis ini dipakai untuk acara Deklarasi Garda Jokowi di mana Antasari Azhar menjabat sebagai ketua umumnya.

Saat acara berlansung di dalam gedung juga tak tampak pelaksanaan prosesi deklarasi pembentukan organisasi masyarakat (ormas) Garda Jokowi. Antasari Azhar saat berbicara di depan khalayak sama sekali tak menyinggug soal Garda Jokowi.

Dia banyak bercerita mengenai pengalaman dirinya saat menjalani hukuman 8 tahun penjara. “Kita boleh sakit hati dengan orang lain, tapi biarlah. Seperti Nabi Muhammad, beliau dilempar batu, tidak balas melempar batu. Malah Nabi menjenguk si pelempar batu yang tengah sakit. Berat memang berat, 8 tahun saya dipenjara. Tiga bulan setelahnya saya bisa ikhlas supaya ringan dijalankan,” curhat Antasari.

Tidak ketinggalan, di hadapan tamu undangan, Antasari juga menyinggung persoalan penanganan korupsi. Dalam kesempatan itu, mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut mencoba memanggil tamu undangan yang berstatus ibu rumah tangga dan memiliki anak usia SD untuk maju ke panggung.

Setelah hadir salah seorang perempuan yang mengaku ibu rumah tangga dan memiliki anak usia SD, Antasari mulai bercerita. Dia mengandaikan pada suatu ketika seorang perempuan di depannya tersebut kehabisan garam kemudian meminta tolong anaknya untuk beli di warung.

Sang anak di tengah perjalanan pulang memanfaatkan uang kembalian untuk membeli es krim. Antasari menilai salah jika orang tua mendidik anak mereka berperilaku seperti itu.

“Yang perlu kita cegah adalah perilaku koruptif. Kalau ibu membiarkan anak ibu memakai uang kembalian untuk beli es krim, ibu termasuk pembentuk koruptor. Harusnya, ibu memberi penjelasan kepada anak bahwa ia harus minta izin dulu ketika ingin menggunakan uang kembalian. Ini kan sama saja misalnya, ada sisa anggaran negara yang ternyata dipakai diam-diam oleh pejabat. Uang dipakai untuk liburan dengan anak-istri. Astaghfirullah anak-istri jadi diajak pakai uang haram,” terang Antasari di panggung.

Sementara itu, saat dimintai konfirmasi Solopos.com terkait penyelenggaraan acara Temu Kangen Antasari Azhar, Baningsih Tedjokartono, enggan berkomentar. Dia beralasan hanya Antasari Azhar yang berhak diwawancarai pada acara kali ini.

Saat ditemui setelah acara, Antasari Azhar, hanya menerangkan per Kamis ini dia resmi tidak lagi di organsiasi Pro Nawa Cita (Pronata). Dia beralih menjadi Ketua Umum Ormas Garda. Pengurus Garda juga dihuni oleh mantan pengurus dan anggota Pronata.

“Beberapa waktu lalu di tempat ini juga saya memberikan statement mendukung salah satu capres dengan membawa organsiasi Pronata. Saya tidak boleh sebut [nama capres] karena ini belum masa kampanye. Saya ingin menyampaikan sejak hari ini [kemarin] saya tidak di Pronata. Saya dan beberapa teman eks Pronata telah membuat organisasi baru dengan nama Garda,” jelas Antasari.



Berita Terkait

Espos Premium

Perjalanan Makin Longgar,  Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Perjalanan Makin Longgar, Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) pada moda transportasi darat  seperti bus menjadi bahan sorotan lantaran pengawasannya masih rendah. Penguatan pelaksanaan prokes penting guna menanggapi perubahan pandemi menjadi endemi.

Berita Terkini

Perjalanan Makin Longgar, Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) pada moda transportasi darat  seperti bus menjadi bahan sorotan lantaran pengawasannya masih rendah. Penguatan pelaksanaan prokes penting guna menanggapi perubahan pandemi menjadi endemi.

Profil Wihaji, Bupati Batang Kelahiran Sragen Cucu Abdi Dalem Mangkunegaran Solo

Wihaji merupakan putra daerah Kabupaten Sragen yang lahir pada 22 Agustus 1976, cucu abdi dalem Mangkunegaran Solo yang saat ini menjabat sebagai Bupati Batang.

Misteri Kematian Pria Jakarta Timur Saat Live Tiktok, Keluarga Tepis Dugaan Bunuh Diri

Belum lama ini jagat dunia maya Tanah Air dihebohkan dengan kematian pria IS, 29, saat live di Tiktok di rumah susun di Jatinegara, Jakarta Timur.

Sinyal Lemah, Penarapan Aplikasi PeduliLindungi di Tawangmangu Jadi Susah

Penerapan aplikasi PeduliLindungi di kawasan wisata Tawangmangu, Karanganyar, terkendala sinyal internet yang lemah.

10 Berita Terpopuler: Potensi Tsunami di Pacitan hingga Kecelakaan di Wonogiri

Kabar tentang potensi tsunami setinggi 28 meter di Pacitan, Jawa Timur menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Minggu (19/9/2021).

Tak Cuma Pacitan, Wonogiri Juga Berpotensi Tsunami Besar

Selain Pacitan di Jawa Timur, wilayah Wonogiri juga memiliki potensi tsunami besar.

Hore.. Diskon 100% PPnBM Diperpanjang Hingga Desember

Pemerintah resmi memperpanjang diskon 100% PPnBM hingga Desember 2021.

Viral! Aksi Maling HP Terobos Lubang Pagar Besi Bikin Tegang, Dikira Nyantol Ternyata...

Aksi seorang pencuri ponsel yang terekam kamera CCTV viral di media sosial lantaran mampu melewati lubang pagar besi yang kecil.

Bobol Konter Dua Kali, Pasutri di Ponorogo Curi Puluhan Tabung Gas Elpiji

Sepasang suami istri mencuri 50 tabung gas 3 kg dan uang Rp1 juta di konter 212 Cellular depan BRI Siman, Desa Brahu, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo.

IKM di Grobogan Didorong Meningkatkan Daya Saing

Pemkab Grobogan bersama anggota DPR RI menggandeng sejumlah perusahaan untuk sosialisasi agar IKM memiliki daya saing.

Kompolnas Desak Pengusutan Tuntas Kasus Napoleon Aniaya Muhammad Kece

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendesak kasus penganiayaan terhadap Muhammad Kece ini diusut tuntas.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Sagitarius Gampang Tergoda Penawaran Kerjasama

Ramalan zodiak hari ini menyebut seseorang bisa jadi datang ke rumah dan mampu membuat percaya Sagitarius untuk terlibat kerjasama.

Tanpa Ampun, Ajax Libas Tim Promosi Cambuur 9-0

Ajax memberondong tim promosi Liga Belanda Cambuur Leeuwarden dengan 9 gol tanpa balas dalam laga pekan kelima di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam.

Juergen Klopp Puji Sadio Mane Seusai Liverpool Libas Crystal Palace 3 Gol Tanpa Balas

Juergen Klopp menyanjung tinggi-tinggi Sadio Mane setelah Liverpool mengatasi Crystal Palace 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris di Anfield, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Sudah Bikin 37 Buku Novel hingga Komik, Siswi MAN 1 Solo Ini Raih Penghargaan dari Gubernur DIY

Nadia Shafiana Rahma adalah salah satu cerpenis dan novelis dari MAPK dan Pondok Pesantren Hadil Iman MAN I Solo.

Petik Hasil Imbang Lawan Southampton, Guardiola Sebut Pemain City Punya Masalah Ini

Manchester City hanya memetik hasil imbang 0-0 saat menjamu Southampton dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.