SOLOPOS.COM - DEKLARASI DAMAI—Ketua MTA, Ahmad Sukina (kiri) dan Ketua Dewan Tanfidz FPI, Choirul RS (kedua kiri)sedang menandatangani Deklarasi Damai Untuk Solo pada acara Focus Group Discussion (FGD) soal <i>Merumuskan Usulan dan Kebijakan dan Mewujudkan Solo sebagai Kota Damai di Griya Solopos, Kamis (15/3/2012). (Espos/Nadhiroh)</i>

DEKLARASI DAMAI—Ketua MTA, Ahmad Sukina (kiri) dan Ketua Dewan Tanfidz FPI, Choirul RS (kedua kiri)sedang menandatangani Deklarasi Damai Untuk Solo pada acara Focus Group Discussion (FGD) soal <I>Merumuskan Usulan dan Kebijakan dan Mewujudkan Solo sebagai Kota Damai di Griya Solopos, Kamis (15/3/2012). (Espos/Nadhiroh)

SOLO--Peserta Focus Group Discussion (FGD) soal Merumuskan Usulan dan Kebijakan dan Mewujudkan Solo sebagai Kota Damai menandatangani Deklarasi Damai Untuk Solo di Griya Solopos, Kamis (15/3/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ada sekitar 20 orang yang hadir pada FGD yang digagas Universitas Slamet Riyadi (Unisri) dan SOLOPOS itu. Di antaranya anggota DPRD Solo, jajaran Kesbangpol , Satpol PP,  Majlis Tafsir Quran (MTA), Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Perdamaian Lintas Agama dan Golongan (FPLAG), Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS), Front Pembela Islam (FPI), MUI dan lain-lain.

“Kami akan menyusun usulan-usulan yang telah disampaikan pada pertemuan ini. Nanti tetap perlu ada pengawalan dalam upaya mewujudkan Solo Kota Damai,” ucap Sekretaris Panitia Penyelenggara FGD, Priyandono WA.

Ada empat kesepakatan yang ditandatangani perwakilan organisasi dan kelompok sosial keagamaan di Kota Bengawan itu. Pertama, perlunya membangun kesepahaman untuk saling menghargai dan menghormati dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, khususnya di wilayah Solo dan sekitarnya.

Kedua, mengembangkan sikap saling mengenal dan membangun dialog antar komponen dan unsure social keagamaan di Kota Solo. Ketiga, mendorong Pemerintah untuk meningkatkan kepedulian dan peran dalam mewujudkan kedamaian dan keadilan sosial di wilayah Solo dan sekitarnya melalui perumusan dan penegakan kebijakan yang mampu mewujudkan adanya ketertiban dalam kehidupan sosial kemasyarakatan dengan melibatkan komponen masyarakat.

Keempat, mengajak Pemerintah Kota Solo dan seluruh komponen masyarakat untuk berkomitmen mewujudkan Solo sebagai Kota Perdamaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya