Tutup Iklan

Debut di Moto GP 2019, Petronas Langsung Incar Prestasi

Malaysia mencatatkan sejarah dalam kejuaraan dunia grand prix setelah meluncurkan Petronas Yamaha SRT di ajang Moto GP 2019. Petronas menjadi tim ketiga yang menggelar launching motor dan livery musim ini.

Debut di Moto GP 2019, Petronas Langsung Incar Prestasi

SOLOPOS.COM - Pembalap Petronas, Franco Morbidelli (motorsport)

Solopos.com, KUALA LUMPUR — Malaysia mencatatkan sejarah dalam kejuaraan dunia grand prix setelah meluncurkan Petronas Yamaha SRT di ajang Moto GP 2019. Petronas menjadi tim ketiga yang menggelar launching motor dan livery musim ini. Di ajang balap kuda besi, Petronas bakal diperkuat Franco Morbidelli serta pembalap rookie asal Prancis, Fabio Quartararo.

Dilansir Motorsport, launching tim digelar di Petronas Twin Towers, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (28/1/2019) pukul 14.30 WIB. Tak hanya memperkenalkan kendaraan untuk Moto GP, Petronas ikut merilis kendaraan untuk Moto 2 dan Moto 3.

Skuat balap milik Sirkuit Internasional Sepang ini didaulat menggantikan Tech 3 sebagai tim satelit Yamaha. Mereka tampil dengan livery dominan hitam dengan paduan toska pada bodi YZR-M1. “Misi kami adalah membangun tim satelit terbaik dan terkuat di Moto GP,” ucap Manajer Tim, Wilco Zeelenberg.

Ambisi itu ditopang dengan penunjukan Morbidelli yang notabene anak didik pembalap kawakan Valentino Rossi. Juara dunia Moto 2 2017 ini akan menjadi pembalap utama didampangi Quartararo, pemuda 19 tahun yang musim lalu berada di posisi 10 klasemen Moto 2.

Morbidelli bakal mendapatkan spesifikasi motor pabrikan, sama seperti Rossi dan Maverick Vinales, sedangkan Quartararo menggunakan ‘Spek-B’. CEO Sepang, Dato’ Razlan Razali, optimistis tim Petronas bakal langsung melesat di musim perdana. “Sangat penting untuk memulai tahun pertama dengan baik,” ujar Razali.

Munculnya Petronas Yamaha SRT dalam perhelatan Moto GP bisa dibilang cukup mengejutkan. Mereka hanya butuh waktu enam bulan untuk membentuk tim secara lengkap. Semuanya berawal dari Moto GP Spanyol 2018. Kabar tersedia dua slot di grid musim 2019 membuat Dato’ Razlan Razali bergerak cepat untuk menghubungi CEO Dorna Sports S.L., Carmelo Ezpeleta dan Carlos Ezpeleta.

Seusai mendapat lampu hijau, Direktur Tim, Johan Stigefelt didapuk tugas menggaet Zeelenberg yang sebelumnya menjabat sebagai Rider Performance Analyst di pabrikan Yamaha. Zeelenberg pernah menangani Jorge Lorenzo serta Vinales.

“Momen peluncuran tim jelas sangat penting. Ini akan menjadi momen bersejarah karena pertama kalinya Malaysia dan Asia Tenggara dapat mengklaim tim Moto GP mereka sendiri,” ujar Razali. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Solo Uji Coba Angkutan Bus Listrik dan Bus Low Deck, Lewat Koridor Mana?

Bus listrik dan bus low deck segera diuji coba di jalanan Kota Solo, rencananya angkutan feeder juga akan diganti mobil bertenaga listrik.

Tradisi Memanggil Jin di Daerah Ini Jadi Atraksi Wisata

Tarian yang berisi tradisi memanggil jin ini telah menjadi bagian dari pertunjukan untuk menyambut tamu-tamu penting yang datang.

Tanpa Lelah, Petugas Rutin Sterilisasi Asrama Haji Donohudan Boyolali

Sterilisasi kawasan Asrama Haji Donohudan di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, terus dilakukan untuk menekan potensi persebaran Covid-19.

Tahu Bakso, Kudapan Khas Ungaran yang Bikin Nagih

Selain dikenal dengan lumpia dan juga bandeng presto, Semarang juga memiliki jajanan khas, yaitu tahu bakso yang aslinya berasal dari Kota Ungaran.

Covid-19 India di Kudus, Gubernur Ganjar Minta Petugas Lebih Waspada

Petugas yang menangani pasien Covid-19 di  Kudus meningkatkan kewaspadaan menyusul terdeteksinya persebaran Covid-19 varian India di sana.

2 Bulan Pelonggaran Kegiatan, Kasus Covid-19 di Wonogiri Tambah 1.200 Lebih

Selama dua bulan pelonggaran kegiatan warga di Kabupaten Wonogiri berlangsung, jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah lebih dari 1.200 orang.

Orang Tua Wajib Tahu, Ini Cara Menanamkan Pendidikan Karakter Anak

Pendidikan karakter yang dipahami secara parsial dan tidak tepat sasaran justru bersifat kontraproduktif bagi pembentukan karakter anak.

Pemerintah Dukung UMKM Banyumas dengan Dana Hibah

Pemerintah Kabupaten Banyumas menyalurkan dana pinjaman bergulir yang sudah merupakan program bantuan rutin kepada  pelaku UMKM.

Prabowo Sebut Belanja Alutsista Rp1,7 Kuadriliun Instruksi Jokowi

Menhan Prabowo Subianto menyebut Jokowi punya grand design pengadaan alutsista dengan perhitungan hingga 25 tahun untuk diwujudkan.

Sang Istri Ikut Panik, Begini Detik-Detik Christian Eriksen Kolaps di Lapangan

Pemain tengah Denmark Christian Eriksen sempat kolaps di tengah lapangan saat laga Denmark melawan Finlandia di Euro 2020.

Prabowo Buka Rahasia Mau Dipinang Jokowi Jadi Menhan

Prabowo Subianto akhirnya blak-blakan menyebut alasannya mau masuk ke Kabinet Jokowi karena ingin bekerja sama mengabdi kepentingan nasional.

8 Program Keahlian Bikin SMKN 2 Salatiga Masuk Top 1.000

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Salatiga punya delapan program keahlian yang mengantarkan sekolah ini masuk Top 1.000 sekolah terbaik nasional.