Debat Publik Pilkada 2020, Ini 5 Panelis Yang Disiapkan KPU Grobogan
Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, KPU Grobogan Ngatiman membacakan lima panelis debat publik, di kantor KPU, Senin (23/11/2020).(Solopos.com/Arif Fajar Setiadi)

Solopos.com, PURWODADI – Debat Publik Pilkada Grobogan 2020 bakal digelar di sebuah hotel di Kota Purwodadi dan disiarkan secara live di salah satu stasiun televisi, Rabu (25/11/2020). Untuk kegiatan itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Grobogan sudah menyiapkan lima panelis

“Lima panelis tersebut berasal dari pakar politik dan pemerintahan, kemudian terkait pandemi Covid-19 dari Ikatan Dokter Indonesia [IDI]. Ada juga cendikiawan, pemerhati budaya dan pelaku UMKM di Grobogan,” jelas Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, KPU Grobogan Ngatiman di kantor KPU, Senin (23/11/2020).

Ngatiman menyebutkan, untuk pakar politik dan pemerintahan dalam debap publik Pilkada 2020 adalah Teguh Yuwono. Kemudian dari IDI Jateng menunjuk Ketua IDI Grobogan dr. Telogo Wismo Agung Durmanto. Ada Eny Winaryati (cendekiawan), Muhammad Nanang Qosim (pemerhati budaya) dan Isnaini Nurnaningsih (pelaku UMKM).

KPU Sukoharjo Siapkan Petugas Khusus untuk Pemilih Positif Covid-19

Kelima panelis tersebut, Ngatiman menjelaskan sesuai dengan PKPU No 11/2020 dan pedoman teknis 487. Di mana panelis berasal dari profesional, akademisi, dan pegiat atau pelaku. Sebelum memutuskan ke lima panleis tersebut, telah dilakukan diskusi dalam grup diskusi dan diplenokan oleh Komisioner KPU.

Tidak hanya itu, guna menjaga netralitas dalam debat Pilkada itu,  Ngatiman mengungkapkan kelima panelis tersebut telah menandatangani pakta integritas dan kesanggupannya untuk menjadi panelis pada debat publik.

‘’Mereka sudah menandatangani pakta integritas untuk tidak memihak, atau berafiliasi dengan partai tertentu, gabungan partai, ataupun pasangan calon. Juga sudah menyatakan kesanggupannya menjadi panelis dalam debat publik,” ujar Ngatiman.

Ketum Partai Nasdem Surya Paloh Terkonfirmasi Positif Covid-19

Komitemen Bersama

Selain nantinya menjawab pertanyaan lima panelis tersebut, pasangan calon juga akan menjawab pertanyaan dari masyarakat yang disampaikan melalui media sosial dan web resmi KPU Grobogan. Untuk di ketahui dalam Pilkada Grobogan 2020, hanya ada satu pasangan calon, yakni Sri Sumarni dan Bambang Pujiyanto (Sri-Bambang).

‘’Pertanyaan dari masyarakat nantinya ditanyangkan saat debat publik Pilkada 2020. Kemudian pasangan calon menjawabnya. Warga Grobogan bisa menyaksikan melalui siaran televisi,” kata Ngatiman.

Ini Dia Pemilik Uang Puluhan Juta Rupiah yang “Dibuang” di Saluran Irigasi

Sebelum pelaksanaan debat publik Pilkada 2020, pihaknya juga sudah membuat komitmen bersama pada lima panelis, paslon, tim kampanye dan semua yang terlibat. Di mana, mereka tidak diperbolehkan memakai atribut partai, membawa APK dan bahan kampanye.

“Selain itu tentu saja penerapan protokol kesehatan sebelum dan selama pelaksanaan debat public,” imbuh Ngatiman.

 

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom