Tutup Iklan

Debat Pilpres 2019: Bahas Penyebab Korupsi, Prabowo Sebut Penghasilan Birokrat Kurang

Menanggapi pertanyaan ini, Prabowo menyebut penghasilan birokrat kurang. "Penghasilan birokrat itu kurang, saya akan perbaiki kualitas hidup birokrat," katanya. Untuk itu, Prabowo menyatakan akan meningkatkan tax rasio. "Saya akan tingkatkan rasio perpajakan yang sekarang berada di 10 persen dikembalikan ke minimal 16 persen," ujar Prabowo dalam debat capres-cawapres putaran pertama di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis malam (17/1/2019).

Debat Pilpres 2019: Bahas Penyebab Korupsi, Prabowo Sebut Penghasilan Birokrat Kurang

SOLOPOS.COM - Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di Debat Capres 2019, Kamis (17/1/2019). (Antara/Sigid Kurniawan)

Solopos.com, JAKARTA – Debat Pertama Capres-Cawapres 2019 Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno, Kamis (17/1/2019), berlanjut di tema Korupsi. Dua pertanyaan yang dilontarkan berkutat di persoalan membereskan birokrasi untuk menekan terjadinya korupsi.

Pertanyaan pertama, moderator menyampaikan soal mengenai pembenahan sistem birokrasi untuk meminimalisir potensi korupsi. Pertanyaan ini disambut Jokowi dengan menyampaikan tentan pentingnya rekruitmen berbasis kompetensi, bukan finansial dan nepotisme. “Oleh sebab itu, rekruitmen harus dilakukan transparan sederhana, dan dilakukan dengan aturan jelas,” kata Jokowi menyambut pertanyaan moderator.

Jokowi lantas melanjutkan pernyataannya dengan mengatakan rekruitmen untuk jabatan politik perlu ada penyederhanaan sistem. “Sehingga pemilu murah, pejabat tidak terbebani biaya pemilu,” kata Jokowi.

Menanggapi hal ini, Prabowo menilai perlu ada langkah lebih konkret, praktis, segera. Prabowo lebih fokus pada gaji aparatur sipil untuk menghindarkan korupsi. “Kalau beliau berniat, kita harus berani,” tegasnya.

Menanggapi Prabowo, Jokowi kembali menekankan bahwa birokrasi rekruitmen berbasis kompetensi telah terbukti.

Sesi Kedua

Dalam tema Korupsi di sesi kedua, moderator lantas menanyakan soal pembenahan birokrasi adalah upaya memberantas korupsi.

Menanggapi pertanyaan ini, Prabowo menyebut penghasilan birokrat kurang. “Penghasilan birokrat itu kurang, saya akan perbaiki kualitas hidup birokrat,” katanya.

Untuk itu, Prabowo menyatakan akan meningkatkan tax rasio. “Saya akan tingkatkan rasio perpajakan yang sekarang berada di 10 persen dikembalikan ke minimal 16 persen,” ujar Prabowo dalam debat capres-cawapres putaran pertama di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis malam (17/1/2019).

Hal itu dikatakan Prabowo yang merasa bahwa penghasilan para pegawai negeri yang terlalu kecil merupakan akar masalah birokrasi di Indonesia. Oleh sebab itu Prabowo berencana menaikkan gaji para birokrat, dengan uang yang didapat dari peningkatan rasio perpajakan.

“Berkali-kali saya utarakan di ruang publik, bahwa akar masalah birokrasi adalah penghasilan para pegawai negeri atau birokrat itu kurang dan tidak realistis,” ujar Prabowo.

“Pegawai negeri kita tingkatkan gajinya, kebutuhannya kita penuhi, tetapi kalau dia masih korupsi, maka haru dihukum sekeras-kerasnya,” kata Prabowo.

Prabowo memberi contoh salah satu hukuman yang mungkin dapat diberikan kepada birokrat yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi adalah dengan memutasi birokrat tersebut di lokasi terpencil. “Suruh dia tambang pasir terus menerus,” ucap Prabowo.

Oleh sebab itu Prabowo menyatakan bila dirinya dipercaya memimpin Indonesia dan berhasil menaikkan rasio perpajakan dan menaikkan penghasilan birokrat, maka dia juga akan meningkatkan pengawasan birokrasi.

“Kita awasi dengan segala senjata seperti instrumen, perangkat yang kita miliki seperti inspektorat, kejaksaan, polisi, KPK, baik di daerah maupun di pusat,” tutur Prabowo.

Menimpali Prabowo, Sandiaga mengaku akan membenahi pencatatan aset negara. “Kalau kita tahu catatan aset kita, maka kita akan lebih mudah mencegah korupsi,” ungkap Sandi.

Menanggapi hal itu, Jokowi justru menyatakan gaji aparatur sipil negara sudah cukup. “Tunjangan kinerja juga besar, sekarang yang penting perampingan birokrasi,” kata Jokowi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Mantan Bupati Sragen Promosikan Ivermectin Sebagai Obat Covid-19, Terbukti Ampuh?

Bupati Sragen periode 2001-2011, Untung Wiyono, mempromosikan Ivermax 12 atau Ivermectin sebagai obat penyembuh Covid-19. Obat itu diklaim ampuh.

Kasus Kematian Covid Tanpa Komorbid Tinggi

Angka kematian pasien Covid-19 di Klaten masih tinggi. Tak hanya pasien dengan komorbid atau penyakit penyerta, pasien yang meninggal tanpa komorbid sebesar 35%.

Vaksin Bikin Tubuh Aman dari Covid-19? Cek Faktanya

Vaksin Covid-19 bukanlah satu-satunya alat yang dapat melindungi tubuh dari infeksi virus corona.

Dua Juru Parkir Liar di Kota Madiun Diringkus Polisi

Dua juru parkir liar ditangkap Polres Madiun Kota dalam pemberantasan aksi premanisme dan pungli.

Duh! Petani Tembakau di Klaten Terancam Gagal Panen Gara-Gara Cuaca Tak Menentu

Sejumlah petani tembakau di Klaten dilanda kegalauan. Cuaca yang tak menentu mengakibatkan tanaman tembakau tak tumbuh secara optimal.

Isolasi Lokal di Gedawung Baturetno Wonogiri Selesai, Warga Siraman Pakai Air Kendi

Isolasi lokal yang diterapkan di Dusun Gedawung, Desa Saradan, Kecamatan Baturetno, Wonogiri telah selesai, Selasa (22/6/2021).

Lezatnya Suboli Pizza, Pizza Susu Khas Boyolali

Di Boyolali, terdapat kuliner khas yakni pizza susu dan dikenal dengan nama Suboli Pizza. Makanan ini biasanya dijual di Jl Pandan Arang, Boyolali.

Warga Kerja Bakti Bersihkan Makam di Mojo, Kapolresta: Budaya Wong Solo!

Jajaran Polresta Solo, TNI, dan Ormas membersihkan dan memperbaiki makam di TPU Cemoro Kembar, Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Rabu (23/6/2021).

Soal Perizinan Sekolah, Ini Kata Kepsek Bocah Perusak Makam di Mojo Solo

Pihak Kuttab atau lembaga pendidikan dasar tempat 10 anak yang merusak makam di Mojo, Solo, mengatakan sudah mengajukan perizinan sekolah kepada Kemenang.

Pasien Covid-19 Membeludak, RSUD Tugurejo Semarang Akhirnya Dirikan Tenda Darurat

RSUD Tugurejo mulai kehabisan ruang isolasi pasien Covid-19 sejalan membeludaknya pasien. Mereka kini mendirikan tenda darurat untuk menampung pasien.

10 Bocah Merusak Makam di Mojo Solo, Ini Penjelasan Sekolah

Pihak sekolah tempat 10 bocah pelaku perusakan makam di Solo membantah mengajarkan intoleransi.

Pegawainya Terpapar Covid-19, Kantor Imigrasi Madiun Dilockdown

Kantor Imigrasi Madiun ditutup sementara karena seorang pegawainya positif Covid-19. Kantor akan buka kembali pada Senin (28/6/2021).