Debat Pilkada Solo: Gibran Sebut Setiap Kelurahan Punya Gamelan, Ini Faktanya!
Cawali Solo Gibran Rakabuming Raka bersama Ketua DPK Apindo Solo Iwan K Lukminto berjalan bersama seusai dialog usaha Solo di Diamond Convention Center, Rabu (18/11/2020). (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Pada acara Debat Pilkada Kota Solo Putaran Kedua pada Kamis (3/12/2020), pasangan calon nomor urut 01, Gibran Rakabuming Raka - Teguh Prakosa mengatakan setiap kelurahan di Kota Bengawan ini mempunyai gamelan.

Kata Gibran, gamelan tersebut digunakan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sebagai bentuk media memperkenalkan budaya ke anak muda.

Berat Lur! Sanksi Bersihkan Sungai Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan Solo Ditambah Dari 15 Menit Jadi Sehari

"Hampir semua kelurahan gamelan slendro pelog. Kita ingin anak muda memainkan itu. Itu nanti yang akan memerangi kejelakan-kejelekan dan tindakan-tindakan intoleransi di Kota Solo," terang Gibran.

Debat Pilkada Solo: Soal Smart City, Bajo Siapkan Rembuk Bersama, Cek Faktanya

Cek Fakta

Berdasarkan penelusuran tim cek fakta Solopos.com, Pemerintah Kota Solo memang memberikan hibah gamelan slendro pelog ke 26 kelurahan dari total 54 kelurahan yang ada di Solo.

Pemberian hibah ini sudah dilakukan oleh Pemkot Solo sejak 2014 lalu. Menurut Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, hibah gamelan slendro pelog ke setiap kelurahan diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarkat. Terutama untuk anak muda atau pun pelajar yang ingin belajar lebih banyak lagi mengenai gamelan ini.

Geger Penembakan Mobil Pemilik Duniatex Di Tengah Penjualan 2 Mal dan 1 Hotel

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Solo Sis Ismiyati juga membenarkan hal tersebut. IA mengatakan nantinya bantuan seperangkat gamelan akan diserahkan kepada 54 kelurahan di Kota Solo.

Hasil Swab Test Pegawai KPU Sragen Baru 6 Orang Yang Keluar, Ini Hasilnya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom