SOLOPOS.COM - Debat Publik Pemilihan Wali Kota Solo 2020, Jumat (6/11/2020). Gibran Rakabuming Raka-Teguh Purnomo dan Bagyo Wahyono-Supardjo. (Nicolous Irawan/Solopos)

Solopos.com, SOLO -- Pasangan cawali-cawawali Bagyo Wahyono-FX Supardjo alias Bajo mengungkap salah satu programnya dalam mengatasi masalah keterbatasan lahan untuk permukiman di Solo adalah dengan membangun hunian di bantaran sungai.

Hal itu diungkapkan Bajo saat debat perdana Pilkada Solo 2020, Jumat (6/11/2020) malam di The Sunan Hotel Solo dan disiarkan langsung oleh Metro TV. Program Bajo itu sempat mendapat respons dari kubu lawan yakni kubu lawan yakni cawali-cawawali Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gibran mempertanyakan program itu karena berlawanan dengan regulasi. Selain itu, sejak sekitar 2010 lalu Pemkot Solo sudah memiliki program relokasi rumah di bantaran Sungai Bengawan Solo. Sekarang program itu sudah hampir kelar dan sebagian besar rumah di kawasan bantaran Bengawan Solo sudah relokasi ke daerah lain.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 38/2011 tentang Sungai, pemerintah maupun masyarakat tidak bisa sembarangan mendirikan bangunan di dalam kawasan garis sempadan sungai.

Garis sempadan sungai berdasarkan aturan itu berjarak minimal 10 meter hingga 30 meter dari tepi kanan-kiri paling sungai tergantung kedalaman sungai. Garis sempadan sungai bertanggul di dalam kawasan perkotaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (2) PP tersebut, paling sedikit berjarak 3 dari tepi luar kaki tanggul sepanjang alur sungai.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 28 Tahun 2015 Tentang Penetapan Garis Sempadan Sungai dan Garis Sempadan Danau Pasal 15 berbunyi, jika terdapat bangunan dalam sempadan sungai maka bangunan tersebut dinyatakan dalam status quo dan secara bertahap harus ditertibkan untuk mengembalikan fungsi sempadan sungai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya