Debat Perdana Pilkada Sukoharjo EA Vs Joswi Disiarkan Langsung Di TV, Pendukung Diminta Tak Datang
Ilustrasi Pilkada Sukoharjo 2020. (Dok Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO — Dua pasangan calon bupati dan wakil bupati Etik Suryani-Agus Santosa (EA) dan Joko Santosa-Wiwaha Aji Santoso (Joswi) siap adu program pada debat perdana Pilkada Sukoharjo 2020, Sabtu (17/10/2020) malam.

Masyarakat dapat menyaksikan siaran langsung debat perdana ini melalui televisi lokal dan media sosial. Ketua Tim Pemenangan pasangan cabup-cawabup EA, Wawan Pribadi, Jumat (16/10/2020), mengatakan ada banyak program unggulan pasangan nomor urut 01 pada pemaparan debat perdana nanti.

Program unggulan untuk pertumbuhan ekonomi seperti bantuan permodalan untuk pelaku UMKM, subsidi bunga kredit untuk UMKM, bantuan alat produksi untuk petani.

Tambah 14 Warga Klaten Terkonfirmasi Positif Virus Corona, Dari Mana Saja?

Kemudian, pada debat perdana paslon Pilkada Sukoharjo 2020 itu, EA juga akan menyampaikan program pendidikan dan kesehatan gratis diteruskan. Begitu juga dengan santunan kematian serta membangun mal pelayanan publik.

“Tidak ada persiapan khusus untuk debat besok [Sabtu]. Tapi pasangan EA siap memaparkan visi misi dan program kerja,” katanya kepada wartawan.

Pemaparan visi dan misi itu sebagai bentuk penyampaian program unggulan dari pasangan calon bupati dan wakil bupati EA kepada masyarakat. Hal ini agar masyarakat bisa mengetahui keunggulan EA.

Kisah Unik Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kauman Solo Yang Kebetulan Sama-Sama Bernama Sugiyanto

Pembatasan dan Aturan Ketat

Sementara itu, karena acara debat perdana Pilkada Sukoharjo 2020 akan disiarkan stasiun televisi lokal dan melalui media sosial, ia mengimbau para pendukung dan kader EA tidak perlu datang ke tempat acara debat.

“Cukup melihat dari Posko EA dan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona,” lanjutnya.

Wawan menambahkan dalam acara debat juga akan ada pembatasan dan aturan ketat. Sebab, nanti hanya pasangan calon bupati dan wakil bupati dengan pendamping empat orang tim yang boleh masuk ke tempat acara.

Boyongan Pedagang Pasar Klewer Solo Timur Dimeriahkan Kirab, Sempat Picu Kerumunan

Ketua Tim Pemenangan Joswi, Eko Sapto Purnomo, mengatakan pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 02 itu juga siap memaparkan visi misi pada debat perdana Pilkada Sukoharjo 2020.

Dengan pemaparan tersebut, masyarakat bisa mengetahui visi misi serta program kerja calon pemimpin mereka. Program unggulan pasangan Joswi antara lain alokasi anggaran Rp 30 juta/RT/tahun, gratis rawat inap kelas III RSUD Ir Soekarno.

Kemudian santunan penyandang disabilitas dan warga lansia, talangan biaya sertifikat tanah, bebas dari politisasi birokrasi, dan anak muda punya usaha. “Kami ingin memakmurkan masyarakat dan generasinya,” katanya.

Giliran Kades Di Weru Dilaporkan Ke Bawaslu Sukoharjo Lantaran Terindikasi Tidak Netral

Menghindari Kerumunan

Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda mengatakan sudah merencanakan agenda debat perdana terhadap dua calon bupati dan wakil bupati peserta Pilkada 2020. Kegiatan tersebut merupakan tahapan dengan jadwal Oktober dan November.

“Debat perdana 17 Oktober. Sedangkan kegiatan November mendatang belum ada kepastian tanggalnya. Rencana kegiatan tersebut telah kami sosialisasikan kepada dua pasangan calon peserta Pilkada 2020,” katanya.

KPU Sukoharjo memberlakukan aturan ketat terkait pelaksanaan kegiatan debat Pilkada 2020 tersebut. Salah satunya berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona.

Melonjak Lagi! Positif Covid-19 Solo Tambah 28, Satu Orang Meninggal

Calon bupati dan wakil bupati pada saat kegiatan tidak boleh membawa massa pendukung. Hal itu untuk menghindari terjadinya kerumunan massa karena rawan terjadi penularan virus corona.

Pembatasan secara ketat oleh KPU Sukoharjo menyesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan. “Masyarakat bisa melihat secara online dan tidak perlu memaksakan datang melihat ketempat acara demi menghindari kerumunan massa,” lanjutnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom