Kategori: Solo

Debat I Paslon Pilkada Solo Kelar, Kapolresta: Aman Sesuai Rencana


Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman

Solopos.com, SOLO — Pengamanan debat dua pasangan calon Pilkada Solo antara Gibran Rakabuming Raka dengan Teguh Prakosa melawan Bagyo Wahyono dengan F.X. Supardjo berlangsung aman sesuai skenario yang disiapkan.

Tim patroli Polresta Solo tidak menemukan konvoi massa pendukung pasangan calon sebelum maupun sesudah debat pada Jumat (6/11/2020) malam.

Hal itu disampaikan oleh Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjutak kepada wartawan Sabtu (7/11/2020) siang. Menurutnya, seluruh pengamanan debat serta keamanan, ketertiban, Kota Solo berjalan kondusif.

Rangsang UMKM Bergeliat, Pemkab Karanganyar Adakan Pasar Tiban di Desa

Menurutnya, pengamanan yang terbagi dalam tiga skema ring itu berjalan sesuai mekanisme. Polresta Solo menerjunkan sebanyak 210 personel kepolisian dari Brimob Polda Jateng dan Ditsamapta Polda Jateng serta dibantu 40 personel TNI.

“Alhamdulillah aman sesuai rencana. Ring pertama, kedua, dan ketiga aman. Tim yang bergerak di jalanan Kota Solo tidak menemukan iring-iringan dan konvoi massa,” papar dia.

Menurutnya, seluruh pihak telah bersepakat untuk menjaga Pilkada Solo sejuk dan damai. Tak hanya itu, seluruh pihak juga telah sepakat Pilkada Solo berlangsung sehat di tengah pandemi virus corona.

Gunung Merapi Siaga, Warga Tegalmulyo Klaten Gercep Bikin Dapur Umum

Kapolresta menyebut meski seluruhnya berjalan aman, ia tetap menggelar evaluasi sebagai persiapan debat tahap kedua.

“Evaluasi tetap kami lakukan, tapi seluruhnya berjalan dengan baik. Hal yang menjadi koordinasi kami dengan koordinator tim kampanye dipatuhi,” imbuh dia.

Tidak Ada Konvoi Massa

Kasat Sabhara Polresta Solo Kompol Sutoyo memaparkan tidak ada laporan masuk terkait adanya pergerakan konvoi massa.

Menurutnya, Polresta Solo sudah berkoordinasi dengan kedua paslon untuk berkoordinasi dengan anggotanya untuk tidak ada konvoi massa.

“Kami berada di ring dua dan ring tiga lokasi debat. Kalau ada info konvoi langsung kami tindaklanjuti untuk membubarkan diri secara persuasif dan humanis. Kalau ada pelanggaran bisa ditindaklanjuti oleh Satlantas. Tetapi tidak ada konvoi,” papar dia.

Kampanye Minim Bisa Bikin Warga Wonogiri Apatis Memilih

Ia menjelaskan call center Sparta Solo tidak ada laporan masuk terkait kampanye. Wilayah Solo Utara yang beberapa kali kerap ditemui konvoi massa pun nihil konvoi.

Dalam beberapa waktu terakhir laporan tim Sparta dipenuhi laporan warga yang meminta kepolisian untuk mengingatkan warga yang tidak tertib protokol kesehatan.

“Para pendukung paslon sudah memahami kondisi saat ini. Nonbar juga tidak dibolehkan sesuai aturan. Kalau ada laporan terkait situasi nonbar di kampung akan ditindaklanjuti,” papar dia.

 

Share
Dipublikasikan oleh
Rohmah Ermawati