Captured foto masing-masing cawapres tiba di lokasi debat, Minggu (17/3/2019). (Solopos-Antarafoto)

Solopos.com, JAKARTA -- Debat ketiga Pilpres 2019, Minggu (17/3/2019) pukul 20.00 WIB di Hotel Sultan, Jakarta Pusat dimulai.

Debat ketiga ini diikuti cawapres masing-masing nomor urut no urut 1 yakni Ma'ruf Amin dan nomor urut 2 Sandiaga Uno. Debat cawapres disiarkan live oleh jaringan Transcorp.

Menariknya kedua cawapres ini menampilkan gaya yang berbeda satu sama lain, Ma'ruf Amin mengenakan baju kemeja dipadu jas putih dan kain sarung bermotif garis tak ketinggalan peci hitam. Beda gaya, sementara Sandiaga Uno mengenakan setelan jas warna hitam dengan dasi merah marun dan peci hitam.

Keduanya didampingi istri masing-masing. Istri Ma'ruf Amin, Wury Estu Handayani, mengenakan tunik. Nur Asia Uno, istri dari Sandiaga Uno, mengenakan blus putih.

Sebagaimana diberitakan Solopos.com sebelumnya, menurut pengamat politik dari Universitas Indonesia, Hamdi Muluk, debat malam ini akan menarik bukan saja karena baru pertama kedua cawapres bertemu head to head. Debat ini mempertemukan dua orang dengan latarbelakang berbeda.

Ma'ruf yang seorang ulama dinilai tidak terbiasa dengan beradu gagasan. Sedangkan Sandi dinilai akan bersikap sungkan terhadap lawannya. Hamdi menilai Sandiaga Uno yang berlatar pengusaha akan lebih menguasai panggung debat ketimbang lawannya Ma'ruf Amin, seorang mantan Rois Aam Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU).

“Itu merujuk pada latar belakang Ma'ruf yang seorang ulama dan terbiasa berceramah ketimbang beradu gagasan,” ujarnya, Minggu (17/3). Dengan demikian Ma’ruf akan kesulitan dalam mengatur waktu dalam menyampaikan program.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten