SOLOPOS.COM - Hatta Rajasa dan Jusuf Kalla (JIBI/Bisnis/dok)

Solopos.com, JAKARTA — Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro calon wakil presiden nomor urut 1 Hatta Rajasa terlihat lebih mendominasi debat cawapres bertema Pembangunan Sumber Daya Manusia dan IPTEK dibandingkan rivalnya, Jusuf Kalla.

Dijelaskan Siti, pada dasarnya kedua figur tersebut sama-sama memiliki pengalaman di pemerintahan, sama-sama politikus handal, serta masing-masing berlatarbelakang seorang pengusaha.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun menurutnya Hatta lebih berhasil menarasikan kembali dan mengelaborasi visi misinya dalam penyampaian yang mudah dipahami masyarakat, sehingga mengesankan komunikasi yang dibangun Hatta berjalan dengan baik.

“Itu yang mungkin Pak JK tidak cukup dalam mengelaborasi, berusaha meyakinlkan publik sebagai user dari acara debat itu dengan cukup memadai. Debat semalam bisa dikatakan milik Pak Hatta,” kata Siti di Jakarta, Senin (30/6/2014).

Menurut Siti, Hatta lebih interaktif jika dibandingkan JK. Mantan Menko Perekonomian itu diakui telah berhasil mengaktualisasikan bisi misinnya. “Siapapun akan mengakui itu karena kita menggunakan tolak ukur bagaimana mereka mengartikulasikan visi-misinya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya