SOLOPOS.COM - Ilustrasi debat Pilpres 2014 (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA — Rangkaian keempat debat peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014, Minggu (29/6/2014), digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Hotel Bidakara, Jakarta. Debat berlangsung meriah karena para pendukung kedua pasangan peserta pilpres tampak riuh menyemangati cawapres jagoan mereka.

Ketua KPU Husni Kamil Malik yang mengawali acara dengan memberikan kata sambutan sempat menyoroti riuhnya pendukung kedua cawapres itu. Menyusul sorotannya atas riuhnya hadirin itu, Husni Kamil Malik berlepotan memberikan ucapan selamat datang kepada kedua calon presiden (capres) dan kedua calon wakil presiden (cawapres).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mula-mula, Husni Kamil Malik terpeleset menyebut nama cawapres dari capres nomor urut 1 Prabowo Subianto adalah cawapres nomor urut 2, Muhammad Jusuf Kalla. Setelah meralatnya dengan menyertakan permohonan maaf, ia kelupaan menyebut Muhammad Jusuf Kalla sebagai calon presiden dan bukan calon wakil presiden.

Lebih lanjut, Husni Kamil Malik memaparkan tema debat yang dipilih untuk kedua cawapres adalah terkait dengan sumber daya manusia serta ilmu pengetahuan dan teknologi. KPU menurut Husni Kamil Malik, harus segera dibenahi.

“Tema ini penting bagi bangsa karena persoalan SDM dan teknologi adalah salah satu sektor yang harus dibenahi,” kata Ketua KPU Husni Kamil Malik saat membuka debat.

Menurut Husni, pembenahan tersebut dinilai penting karena Indonesia telah merdeka hampir selama 69 tahun lamanya. Ia mengutarakan harapannya agar sumber daya manusia Indonesia tidak hanya bisa menjadi tuan rumah di neger sendiri. Namun, lanjutnya, agar sumber daya manusia nasional dapat juga bersaing dengan bangsa lain.

Ketua KPU juga mengingatkan bahwa letak geografis Indonesia adalah strategis sehingga diharapkan Republik Indonesia juga bisa berperan strategis di masa mendatang. Dengan penyelenggaraan debat tersebut, ujar dia, maka bangsa Indonesia juga dapat mengetahui mengenai visi dan misi serta program yang akan dijalankan pemerintahan mendatang.

Husni juga mendoakan agar pemungutan suara pada tanggal 9 Juli 2014 dapat berjalan dengan sukses. Pilpres 2014 diikuti oleh dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, yaitu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa (nomor urut pasangan 1) dan Joko Widodo-Jusuf Kalla (nomor urut pasangan 2).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya