SOLOPOS.COM - Ilustrasi debat Pilpres 2014 (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA — Debat keempat peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Hotel Bidakara, Jakarta, Minggu (29/6/2014). Jadwal debat bagi kedua calon wakil presiden itu diundur 30 menit dari jadwal reguler sebelumnya demi memberi kesempatan warga negara melaksanakan salat tarawih.

Ratusan pendukung kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden yang hadir di Hotel Bidakara sempat terlihat tidak teratur tanpa kendali. Detik-detik menjelang debat, yang disiarkan langsung oleh beberapa stasiun televisi swasta, para simpatisan dan pendukung masing-masing pasangan calon terus meneriakkan yel-yel.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perang dukungan bahkan berlangsung masih berlangsung hingga Ketua KPU Husni Kamil Manik selesai memberikan sambutan. Moderator debat Dwikorita Karnawati juga sempat terganggu di awal acara karena teriakan-teriakan pendukung kedua pasangan calon sangat riuh dan mengganggu.

Menurut komisioner KPU Sigit Pamungkas, lembaga penyelenggara pemilu memundurkan waktu pelaksanaan debat calon wakil presiden, Minggu, yang biasanya pukul 20.00 WIB menjadi pukul 20.30 WIB, setelah ibadah salat tarawih. “Kalau kami menggunakan jadwal debat seperti biasanya, pasti akan banyak masyarakat yang tidak bisa mengikuti sehingga tujuan digelarnya debat jadi tidak tercapai. Maka KPU menggeser jadwal pelaksanaannya menjadi pukul 20.30 WIB,” kata Sigit di Jakarta.

Perubahan, jadwal debat cawapres tersebut telah mendapatkan persetujuan dari masing-masing perwakilan tim kampanye nasional pasangan calon presiden dan wakil presiden. Debat antar-cawapres merupakan pelaksanaan debat ke empat dari rangkaian tahapan debat sebagai bagian dari kampanye Pilpres 2014.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya