SOLOPOS.COM - Ilustrasi debat Pilpres 2014 (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO– Debat capres-cawapres perdana telah dilangsungkan Senin (9/6/2014). Debat yang berlangsung sekitar 2,5 jam tersebu menjadi perhatian masyarakat Indonesia.Debat mengambil tema Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan yang Bersih dan Kepastian Hukum.

Sejumlah pengamat di televisi swasta nasional menilai dalam debat tersebut masyarakat sudah bisa melihat masing-masing gaya kepemimpinan para capres. Taufik Baharudin, pengamat politik di TVOne menyebut ada perbedaan mendasar antara gaya kepemimpinan Prabowo dan Jokowi.

Promosi Keren! BRI Raih Enam Penghargaan di PR Indonesia Awards 2024

Prabowo, dinilainya merupakan tipe leader sementara Jokowi dinilainya sebagai tipe manajerial.

“Kita lihat kan tadi Pak Prabowo berbicara di tataran makro dengan konsep-konsep, sementara Pak Jokowi dengan gayanya berbicara di tataran pelaksanaan. Pak Jokowi ini merupakan tipe manajer, dengan gayanya dia lebih people oriented dia seorang manajer. Sekarang pilihan tergantung ada pada masyarakat mau pilih tipe leader atau manajer?” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara itu Gugun Heriyanto di Metro TV menjelaskan ada gaya yang berbeda ketika masing-masing capres dihadapkan pada persoalan yang sama. Sebagai contoh dalam hal implementasi demokrasi.

Keduanya menjelaskan implentasi demokrasi secara mikro. Prabowo menjelaskan dengan demokrasi participatory serta Jokowi dengan blusukan, mendengar dan transparansi rekrutmen.

Masing-masing tim sukses kedua kubu baik Prabowo-Hatta maupun Jokowi-JK mengapresiasi jalannya debat yang diselenggarakan oleh KPU.

Di siaran langsung Metro TV, Ganjar Pranowo, tim sukses Jokowi-JK menilai dalam debat tersebut Jokowi-JK menunjukkan kepemimpinan yang dekat dengan masyarakat. “Jokowi itu mewakili apa yang diinginkan masyarakat. Pemimpin itu ya mendengar, turun langsung, dan mengeksekusi. Itulah Pak Jokowi dengan pengalamannya di Solo dan DKI,” katanya.

Di kubu Prabowo, Mafud Sidiq tim sukses Prabowo-Hatta mengatakan dalam debat tersebut sudah disampaikan program Prabowo-Hatta.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya