SOLOPOS.COM - Prof. Hikmahanto Juwana (kabinetkita.org)

Solopos.com,JAKARTA--Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjuk Guru Besar Fakultas Hubungan Internasional Universitas Indonesia, Prof. Hikmahanto Juwana untuk memimpin jalannya debat calon presiden (capres) antara Prabowo Subianto dan Joko Widodo 22 Juni nanti.

Komisioner KPU Hadar Gumay mengatakan Hikmahanto terpilih karena memenuhi syarat sebagai moderator debat yang mengangkat tema “Poliitik Internasional dan Ketahanan Nasional” tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tidak ada alasan lain kecuali beliau memang memenuhi syarat topik debat kali ini. Siapa yang meragukan Pak Hikmanto tentang hubungan internasionalnya,”katanya di Hotel Borobudur, Jakarta, (18/6/2014).

Hadar mengatakan, KPU menjamin Hikmahanto memiliki integritas dan tidak berafiliasi dengan kedua pasangan calon. Selain itu,dia juga ditunjuk berdasarkan kesepakatan kedua kubu, baik Prabowo-Hatta maupun Jokowi-JK.

“Ya, kami mengajukan nama-nama itu dan mereka memilih lima dari delapan hingga sepuluh nama yang kita diskusikan. Dari lima nama ini, Pak Hikmanto terpilih,”jelasnya.

Komisioner KPU Sigit Pamungkas menjelaskan Hikmahanto merupakan calon yang kompeten. Guru Besar tersebut menempuh jenjang masternya di Jepang dan meraih gelar doktor di Nottingham, Inggris.

Mengenai usulan moderator dari kaum perempuan, Sigit menjelaskan  sempat ada wacana tersebut namun belum bisa direalisasikan pada debat kali ini.

“Kita usahakan perempuan tapi yang disepakati itu. Masih ada debat keempat dan kelima, masih memungkinkan untuk perempuan,” jelasnya.

Acara debat capres akan digelar di Holiday Inn Hotel, Kemayoran, Jakarta Pusat 22 Juni nanti. Rencananya, akan disiarkan oleh stasiun televisi TV One dan ANTV secara live mulai pukul 19.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya