SOLOPOS.COM - Prabowo Subianto dan Joko Widodo saat Debat Capres (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, SOLO – Dunia maya punya penilaian sendiri untuk kedua capres. Debat yang mempertemukan Prabowo vs Jokowi semalam lebih didominasi capres nomer urut 2. Hashtag “#Salam2Jari” dan “Jokowi” lebih banyak dibicarakan dibanding “Prabowo” dan “#1UntukSemua”.

Versi dunia maya, debat bertema Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial ternyata milik Joko Widodo (Jokowi). Data yang diungkap PoliticaWave, Minggu (15/6/2014), menempatkan “#Salam2Jari” dan “Jokowi” di jajaran atas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menariknya Jokowi juga masuk trending topic dunia. Ini kali kedua Jokowi masuk trending topic World Wide. Sebelumnya dalam debat edisi pertama yang digelar Senin (9/6/2014) pekan lalu, Jokowi juga masuk trending topic dunia.

Hashtag yang paling banyak dipercakapkan netizen didominasi oeh hashtag dukungan terhadap Jokowi, yaitu #Salam2Jari sebesar 47.391 percakapan, #PresidenNomor2 sebesar 13.977 percakapan dan #JokowiTelahBekerja sebesar 9.050 percakapan.

PoliticaWave.com mencatat Hashtag dukungan terhadap Prabowo Subianto, yaitu #1UntukSemua mendapatkan 33.875 percakapan dan #PrabowoHattaGol mendapatkan 3.824 percakapan. Namun sayang tidak ada satupun hashtag dukungan terhadap Capres yang berhasil masuk menjadi Trending Topic Worldwide. #Salam2Jari berhasil menjadi Trending Topic di Jakarta, Bandung, Depok dan Surabaya.

Beberapa topik dalam debat malah berhasil mendapatkan respons besar dari netizen dan masuk menjadi Trending Topic Worldwide, yaitu Kok 2, 40 T, TPID, Tanpa Prabowo Indonesia Damai, Pak Prabowo, Saya Gubernur Pertama, Tim Pengendalian Inflasi Daerah, Jokowi Pamer Kartu Indonesia Pintar, No Drop, Kehendak Rakyat, UU Desa, #PrestasiPalsu, #DebatCapres2, #Nomor1DukungNomor2.

Secara keseluruhan debat dari enam segmen, total percakapan tentang Prabowo sebesar 106.529 dan Jokowi sebesar 116.937. Net Sentimen Prabowo sebesar 14.040 dan Jokowi sebesar 17.899. Dari 6 segmen, Jokowi unggul di 5 segmen, yaitu segmen 1, 3, 4, 5 dan 6. Sedangkan Prabowo hanya unggul di segmen 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya