SOLOPOS.COM - Tawa lepas Prabowo dan Jokowi dalam Debat Capres Jilid III, Minggu (22/6/2014)(Dok/JIBI/Solopos/Antara/Widodo S Jusuf)

Solopos.com, SOLO – Debat Capres 2014 Jilid III yang mempertemukan Prabowo vs Jokowi memunculkan tren menarik di sosial media. Berbagai hashtag muncul diantaranya yang terbaru #IndonesiaAman milik pendukung Prabowo dan #TegasPilih2. Namun, siapakan yang merajai kompetisi kali ini?

PoliticaWave dalam analisinya di situs resmi, Senin (23/6/2014) pagi WIB, menyebutkan kedua capres bersaing ketat di jejaring sosial internet. Prabowo memperoleh dukungan melalui hashtag #No1_PrabowoHatta, #IndonesiaAman dan #PrabowoHattaNo1. Sementara hashtag untuk Jokowi antara lain #TegasPilih2, #Salam2Jari dan #JokowiJK_adalahKita.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Hashtag lain yang bersifat umum seperti #DebatCapres3 dan #DebatCapres juga beberapa kali muncul. Menurut PoliticaWave, hashtag yang paling banyak dipercakapkan netizen didominasi oleh hashtag #TegasPilih2 sebesar 78.296 percakapan, #JokowiJK_adalahKita sebesar 18.782 percakapan dan #Salam2Jari sebesar 14.572 percakapan.

Hashtag dukungan terhadap Prabowo, yaitu #PrabowoHattaNo1 mendapatkan 22.636 percakapan, #IndonesiaAman mendapatkan 20.553 percakapan dan #No1_PrabowoHatta 19.898 percakapan.

Hashtag #TegasPilih2 dan #JokowiJK_adalahKita bahkan berhasil menjadi trending topic Dunia. Bahkan #TegasPilih2 berhasil menjadi pemuncak. Sedangkan hashtag dukungan Prabowo yang berhasil masuk menjadi Trending topic Worlwide adalah #IndonesiaAman dan #No1_PrabowoHatta.

Beberapa topik dalam debat berhasil mendapatkan respons besar dari netizen dan masuk menjadi Trending topic Worldwide, yaitu Prabowo banyak memuji keberhasilan SBY, Politik Internasional, Prabowo Hatta atau Jokowi Jk, ketahanan nasional, Palestina, G to G, mahkamah internasional, kenapa jokowi nyengir, pilihsalam1jari, panser banteng, tank leopard, laut cina selatan, dan main battle tank.

Khusus untuk Palestina dan Pak Jokowi hingga berita ini diturunkan masih menjadi pemuncak di trending topic Indonesia.

Dilansir Liputan6.com, secara keseluruhan debat dari enam segmen, total percakapan tentang Prabowo sebesar 46.769 dan Jokowi sebesar 140.503. Net Sentimen (Margin percakapan positif dan negatif)  Prabowo sebesar 22.633 dan Jokowi sebesar 112.420.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya