SOLOPOS.COM - Jokowi-Prabowo (news.liputan6.com)

Solopos.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya menjatuhkan pilihan pada Ahmad Erani Yustika untuk menjadi moderator dalam Debat Capres kedua yang akan digelar 15 Juni.

Ahmad Erani Yustika adalah ekonom dari Universitas Brawijaya yang juga Direktur Eksekutif Indef.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ahmad Erain Antara (facebook)

Ahmad Erain Antara (facebook)

Erani lahir di Ponorogo pada tahun 1973. Dia menyelesaikan gelar sarjana dari Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) Fakultas Ekonomi, Universitas Brawijaya, pada 1996.

Setelah lulus, Ahmad Erani aktif mempublikasikan tulisan di berbagai media massa (sekitar 500 artikel telah diterbitkan di koran/majalah nasional) dan jurnal ilmiah. Di samping itu, lelaki ini telah mempresentasikan paper dalam forum-forum seminar nasional maupun internasional.

Pada 2001, Ahmad Erani menuntaskan studi post-graduate (MSc) dan pada 2005 menyelesaikan studi doktoral (Ph.D), semuanya di University of Gottingen (Georg-August-Universitat Gottingen), Jerman, melalui beasiswa GTZ dan DAAD, dengan spesialisasi Ekonomi Kelembagaan.

Sejak 1997, Ahmad Erani bekerja sebagai dosen di kampus almamater dan menjabat sebagai Ketua Program Studi Magister Ilmu Ekonomi, Pascasarjana Fakultas Ekonomi – Universitas Brawijaya (2007-2009) dan Pembantu Dekan I (Akademik) Agustus 2009 – April 2010.

Selain itu, mulai 2008  sampai saat ini Ahmad Erani mengemban amanah sebagai Direktur Eksekutif Indef (Institute for Development of Economics and Finance), Jakarta.

Sejak Maret 2010 (Maret) sampai saat ini Ahmad Erani menjadi Anggota BSBI (Badan Supervisi Bank Indonesia), serta menjadi Ketua Focus Group Infrastruktur Pengurus Pusat ISEI (2012-2015).

Pada 2006 dan 2009, Ahmad Erani terpilih sebagai Dosen Berprestasi I Universitas Brawijaya dan dosen berprestasi tingkat nasional) dan 2007 terpilih sebagai penulis buku paling produktif di Fakultas Ekonomi, Universitas Brawijaya.

Mulai 1 Juni 2010 diangkat sebagai Guru Besar Ilmu Ekonomi Kelembagaan di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya (pengukuhan dilakukan pada 30 Desember 2010).

Kepastian tentang penunjukan Erani sebagai moderator debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 15 Juni disampaikan akun Twitter @ahmaderani:

Tks kpd sahabat semua atas perhatiannya, smg saya bisa menjalankan mandat ini dg sebaik-baiknya. Maaf blm bisa membalas satu per satu.” Begitu kicauan @ahmaderani.

Ahmad Erani akan menjadi moderator debat capres Prabowo Subianto dan Joko Widodo (Jokowi) 15 Juni dengan temaPembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial.

Moderator debat capres dan cawapres menjadi perhatian publik setelah sebelumnya akademisi UGM, Zainal Arifin Mochtar, dinilai kurang mampu menjalankan peran dengan baik dalam memandu debat pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa dengan Jokowi dan Jusuf Kalla (JK), pada 9 Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya