SOLOPOS.COM - Rektor Undip, Prof. Sudharto (dcradio.undip.ac.id)

Solopos.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya menetapkan Rektor Universitas Diponegoro Prof Sudharto P Hadi, Phd sebagai moderator debat Pilpres 2014 edisi pamungkas. Profesor bidang lingkungan ini akan memandu debat bertema Pangan, Energi dan Lingkungan.

Dilansir Detik, Jumat (4/7/2014) Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay mengkonfirmasi Prof. Sudharto akan jadi moderator debat. Ia mengatakan, selain menjadi moderator, Sudharto juga akan menjadi anggota tim ahli yang akan merumuskan dan menyusun pertanyaan yang akan diajukan kepada para kandidat.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Selain Sudharto, ada enam anggota tim ahli lainnya. Enam anggota tim ahli lainnya adalah Dekan Fakultas Ekologi Institut Pertaniam Bogor (IPB) Arif Satria, PhD; pakar matematika dan sains dari Universitas Institut Teknologi Bandung Megawati Santoso, PhD; Rektor Universitas Nusa Cendana (Nusa Tenggara Timur) Prof Fredrik Lukas Benu; Guru Besar Ketahanan Pangan Departemen Teknologi Hasil Pertanian Universitas Katolik Santo Thomas (Sumatera Utara) Prof Posman Sibuea; Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Andalas Prof Helmi, PhD; dan Kepala Studi Energi Universitas Gadjah Mada Dr Deendarlianto.

Prof. Sudharto adalah Guru Besar bidang lingkungan. Dia menamatkan pendidikan S1-nya di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) di Undip pada 1979. Kemudian ia memperoleh gelar Master in Environmental Studies (MES) di Faculty of Environmental Studies, York University, Toronto, Kanada, pada 1989.

Pendidikan doktornya ditempuh di School of Community and Regional Planning University of British Columbia (UBC), Vancouver, Canada. Area of interest Sudharto adalah perencanaan/manajemen lingkungan, etika lingkungan dan resolusi konflik lingkungan.

Dalam tiga tahun terakhir (sejak tahun 2006) dia juga menekuni bidang energi dan lingkungan (aspek sosial dan kebijakan) yang mana Program Pasca Sarjana Ilmu Lingkungan Undip sekarang ini menjadi simpul Sustainable Energy and Environmental Forum yang berbasis di Kyoto University Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya