SOLOPOS.COM - Pasangan Capres Cawapres Nomor urut 2 Joko Widodo (kedua kiri) bersalaman dengan Pasangan Cawapres Nomor urut 2 Hatta Rajasa (kiri), Pasangan Capres Nomor urut 1 Prabowo Subianto (kedua kanan) dan pasangan Cawapres nomor 2 Jusuf Kalla seusai mengikuti debat final Capres Cawapres di Jakarta, Sabtu (5/7/2014) lalu. (Rahmatulah/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, SOLO – Hasil debat capres 2014 yag digelar Minggu (6/7/2014) malam siapa yang menjadi pemenang antara Prabowo vs Jokowi.  Pemenang debat terakhir capres dan cawapres memang sulit diprediksi, tapi ada beberapa cara untuk mengindikasikan pemenangnya.

Banyaknya pembicaraan netizen di dunia maya menjadi salah satu cara yang mudah dan cepat untuk dilakukan. Lalu siapakah pemenang dalam debat capres dan cawapres versi internet?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh PoliticaWave, Minggu (6/7), pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) ternyata lebih diunggulkan netizen ketimbang pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.

Berbagai informasi yang dibagikan oleh netizen mengenai pasangan Jokowi-JK mendapatkan suara yang lebih banyak ketimbang pasangan Prabowo-Hatta. Jokowi–JK mengantongi setidaknya 197.017 kali share atau 56,9 persen sedangkan Prabowo-Hatta hanya 149.018 kali share atau 43,1 persen.

Beberapa Hastag yang dibuat oleh netizen sebagai bentuk dukungan mereka pada calon presiden juga sempat menduduki trending topic dunia. Dilansir liputan6.com, untuk pasangan Prabowo-Hatta, netizen membentuk beberapa hastag, di antaranya adalah #Pilih_No1_PrabowoHatta, #PilihPrabowo dan #PrabowoHatta. Sedangkan pasangan Jokowi-JK, netizen membentuk hastag #Jokowi9Juli, #Salam2jari dan #AkhirnyaMilihJokowi.

Pendiri Politica Wave Yose Rizal, mengatakan di antara keseluruhan hastag hanya #Jokowi9Juli yang berhasil menempati peringkat pertama trending topic dunia. sedangkan hastag #Pilih_No1_PrabowoHatta hanya mampu menduduki peringkat ketiga.

Di situs media sosial, nama pasangan Jokowi-JK disebut oleh pengguna Twitter setidaknya 625.843 kali. Angka ini terpaut cukup jauh jika dibandingkan dengan pasangan Prabowo-Hatta yang hanya disebut 330.377 kali. Sementara di situs Facebook, pasangan Prabowo-Hatta ternyata lebih domiman yang mampu mengantongi 49.416 dukungan ketimbang pasangan Jokowi-JK yang mendapatkan 42.456 dukungan.

Debat capres dan cawapres yang di gelar Sabtu (5/7/2014), memang menyita perhatian seluruh masyarakat Indonesia mengingat debat tersebut merupakan debat terakhir yang diselenggarakan sebelum memasuki masa tenang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya