SOLOPOS.COM - Salam 2 jari ala Joko Widodo saat debat capres 2014. (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTAHashtag (tautan) #Salam2Jari sebagai dukungan terhadap pasangan Jokowi-JK tercatat sebagai hashtag paling banyak di Twitter setelah Jokowi dan Prabowo berhadapan dalam debat capres, Minggu (16/6/2014) malam.

Dalam keterangannya kepada wartawan, pendiri Politica Wave, Yose Rizal menyatakan hashtag #Salam2Jari  tercatat sebanyak 47.391 percakapan. #PresidenNomor2 tercatat sebanyak 13.977 percakapan, dan #JokowiTelahBekerja sebesar 9.050 percakapan. Sedangkan hashtag dukungan terhadap Prabowo Subianto, yaitu #1UntukSemua meraih 33.875 percakapan dan #PrabowoHattaGol mendapatkan 3.824 percakapan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Namun sayang tidak ada satu pun hashtag dukungan terhadap calon presiden yang berhasil masuk menjadi Trending Topic Worldwide,” ujarnya, Senin (16/6/2014). Menurutnya, #Salam2Jari berhasil menjadi Trending Topic di Jakarta, Bandung, Depok dan Surabaya.

Selain soal hashtag, beberapa topik dalam debat, ujarnya, malah berhasil mendapatkan tanggapan luas dari kalangan netizen. Sedangkan beberapa topik yang masuk menjadi Trending Topic Worldwide di antaranya Kok 2, 40 T, TPID, Tim Pengendalian Inflasi Daerah, Jokowi Pamer Kartu Indonesia Pintar dan UU Desa.

Pada segmen satu ada beberapa topik dari Prabowo yang menarik perhatian netizen, yaitu “Menutup Kebocoran” dan “1 miliar per desa”. Sementara itu beberapa topik tentang Jokowi yang menarik perhatian yaitu Revolusi Mental, Pembangunan Manusia, KIS, dan KJS.

“Total percakapan tentang Prabowo sebesar 4.439 percakapan dan  Jokowi sebesar 5.673 percakapan. Sedangkan net sentimen Prabowo sebesar 534 dan Jokowi sebesar 896,“ ujarnya. Secara keseluruhan dari enam sesi debat, total percakapan tentang Prabowo dilaporkan sebesar 106.529 dan Jokowi sebesar 116.937.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya